Internasional

Paus Fransiskus Basuh & Cium Kaki 12 Napi

ROMA, SENAYANPOST.com – Mengawali rangkaian Tri Hari Suci Paskah ditandai dengan peringatan Kamis Putih (18/4/2019), dimana Paus Fransiskus dilaporkan membasuh serta mencium kaki 12 orang narapidana di Penjara Velletri, di luar ibu kota Italia, Roma.

Diberitakan Al Jazeera, dalam pembasuhan itu Paus Fransiskus meminta kepada para napi untuk menghindari hukum rimba, dan mengingatkan pentingnya membantu satu sama lain.

Tindakan mencuci dan mencium kaki para tahanan merupakan yang kelima dilakukan Paus asal Argentina itu sejak dia menjaba sebagai Pemimpin Gereja Katolik pada 2013.

Pendahulu Paus Fransiskus biasanya memperingati Kamis Putih dengan membasuh kaki 12 imam dan berlokasi di salah satu basilika yang terletak di Kota Roma.

Namun sejak menggantikan Paus Benediktus XVI, Paus Fransiskus memindahkan pelayanan itu ke penjara, pusat penampungan migran, hingga rumah bagi lanjut usia.

Kepada para napi, Fransiskus mengatakan ketika di masa Yesus, tugas mencuci kaki tamu biasanya diserahkan kepada budak atau pelayanan hingga Yesus sendiri yang melakukannya.

“Inilah aturan Yesus, aturan dari Injil. Ini merupakan aturan baru dalam pelayanan, bukan sebuah bentuk upaya mempermalukan atau menguasai,” ujarnya.

Paus Fransiskus menegaskan, dia meminta kepada yang kuat untuk melayani yang lemah.

Setiap orang yang merasa dirinya kuat harus mejadi pelayan bagi sesamanya.

Vatikan menyatakan di antara 12 napi yang dibasuh kakinya oleh Paus Fransiskus, sembilan di antaranya adalah warga Italia, kemudian satu dari Brasil.

Adapun dua napi sisanya masing-masing berasal dari Benua Afrika, yakni Maroko serta Pantai Gading.

Vatikan tidak merilis agama dari para napi tersebut. Pada perayaan Jumat Agung waktu setempat (19/4/2019), Paus Fransiskus bakal memimpin Via Crucis (Jalan Salib) dengan mengeliingi Colosseum Roma. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close