Pastikan Kualitas Vaksin Corona, BPOM Akan Kunjungi Pabrik Sinovac di China

Pastikan Kualitas Vaksin Corona, BPOM Akan Kunjungi Pabrik Sinovac di China
Vaksin buatan Sinovac Biotech, China, (foto Sinovac)
JAKARTA, SENAYANPOST.com -  Belum lama ini perwakilan Sinovac sempat mengunjungi pabrik Bio Farma . Menlu Retno Marsudi mengatakan hal ini untuk meninjau kesiapan Bio Farma dalam memproduksi vaksin yang saat ini tengah diuji klinis tahap III itu.
"Delegasi Sinovac secara khusus mengunjungi gedung nomor 21 dan 43. Gedung no 21 akan digunakan untuk produksi vaksin Sinovac sementara 43 untuk site production itu vaksin kandidat CEPI. Mekanisme multilateral dan kandidat vaksin-vaksin lainnya," kata Retno dalam jumpa pers virtual, Senin (28/9/2020).
"Bio Farma memiliki total kapasitas produksi vaksin dari 100 juta jadi 250 juta," sambung dia.
Retno menambahkan, dalam waktu dekat perwakilan Indonesia juga akan mengunjungi pabrik Sinovac di China. Hal ini sebagai bentuk kehati-hatian pemerintah dalam memastikan kesiapan vaksin corona.
"BPOM juga akan melakukan on site visit ke fasilitas Sinovac di Beijing untuk melihat secara langsung kualitas vaksin tersebut. Ini salah satu kehati-hatian dalam mempersiapkan vaksin yang akan digunakan di Indonesia," tutur dia.
Ia melaporkan, vaksin Sinovac saat ini telah diuji klinis tahap III di Bandung, dengan melibatkan 1.620 relawan. Retno memastikan proses tersebut berjalan lancar, tidak ada yang merasa efek samping berlebihan.