Kesehatan

Pasien Corona Meninggal di Jatim Termuda Berusia 11 Tahun

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Usia pasien meninggal akibat Corona di Jawa Timur antara 11 hingga 65 tahun. Kebanyakan dari mereka disebut memiliki penyakit lain di luar Covid-19.

“Yang paling tua usia 65, yang paling muda 11 tahun,” kata Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim dr Joni Wahyuhadi, dilansir CNN Indonesia, Rabu (1/4).

Per Rabu (1/4) malam, sembilan orang warga Jawa Timur dinyatakan meninggal dunia usai terinveksi Virus Corona (Covid-19).

Joni mengatakan para pasien meninggal yang berusia lanjut rata-rata memiliki penyakit bawaan sebelum terjangkit Covid-19.

Salah satunya pasien berjenis kelamin laki-laki berusia 65 tahun yang memiliki riwayat sakit hipertensi, diabetes.

“Yang tua itu saya tahu persis karena saya yang ngopeni (merawat), beliau itu memang sudah kondisinya berat, ada hipertensi, diabetes,” ungkapnya dia.

Pasien berusia 65 tahun tersebut mulanya dirawat di salah satu rumah sakit di Jatim, dengan keluhan sesak nafas. Pernafasan pasien tersebut pun sempat dibantu dengan ventilator hingga dirujuk ke rumah sakit RSUD dr Soetomo.

“Dirawat si sebuah rumah sakit, distress nafas, kemudian kita inkubasi, di sana kita masukan ventilator portable, kemudian kami bawa ke RSUD dr Soetomo , satu hari meninggal gagal nafas,” katanya.

Sementara untuk pasien termuda, Joni mengungkapkan, usianya baru 11 tahun. Selain terjangkit Covid-19, ia diketahui juga tengah menderita Demam Berdarah Dengue (DBD) stadium empat. Nyawanya pun tak tertolong.

“Yang 11 tahun ini karena dia punya DBD kelas [stadium] 4,” kata Joni.

Meski demikian, kata Joni, tak semua pasien berusia lanjut memeliki kerentanan risiko kematian. Sebab ada dua pasien berusia lebih dari 50 tahun yang dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Salah satunya yakni pasien berusia 76 tahun asal Surabaya dan seorang pasien lainnya yang diketahui berusia 60 tahun. Keduanga dinyatakan konversi negatif.

Joni mengungkapkan ada beberapa faktor yang menyebabkan pasien usia lanjut tersebut berhasil lepas dari jerat virus corona.

Pasien Corona Meninggal di Jatim Termuda 11 Tahun, Tertua 65Foto: CNNIndonesia/Basith Subastian
“Kemungkinan ketahanan tubuhnya kuat, atau virus yang masuk tidak terlalu ganas,” kata dia.

Dikutip dari situs infocovid19.jatimprov.go.id per Kamis (2/4) pagi, jumlah kasus positif Corona di Jatim mencapai 103 orang, dengan 536 pasien dalam pengawasan (PDP) serta 7.328 orang dalam pemantauan (ODP).

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close