Nasional

Pascarusuh Rutan Mako Brimob, Nusakambangan Siap Tampung Napi Teroris

JAKARTA, SENAYANPOST.com — Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, siap menampung para narapidana terorisme dari Rumah Tahanan (Rutan) Mako Brimob, Depok, Jawa Barat.

Penegasan ini disampaikan Dirjen Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM, Sri Puguh Utami, terkait kerusuhan di rutan Mako Brimob.

“Kami ada kesiapan untuk menerima mereka,” kata Sri saat ditemui di kantor Kemekopolhukam, Jakarta (9/5/2018).

Ia menambahkan, kesiapan Lapas di Pulau Nusakambangan ini memang menjadi tugasnya.

“Tapi segalanya tentu ada banyak hal yang harus diselesaikan beliau-beliau (pihak pemerintah),” katanya menambahkan.

Meski begitu, Sri mengatakan belum ada keputusan resmi untuk memindahkan para napi terorisme yang berada di Mako Brimob ke Nusakambangan.

Ia mengatakan perlu ada assesment atau penilaian dari pihak terkait untuk memindahkan para napi terorisme itu pasca insiden di Mako Brimob dini hari tadi.

“Belum ada, tergantung assesment dan perintah dari (pihak pemerintah terkait) setelah (peristiwa) ini,” kata Sri.

Sri mengatakan bahwa pihak Kemenkumham sudah memiliki lapas khusus untuk menampung para napi terorisme dari Mako Brimob itu di Nusakambangan.

Ia menyebut lapas Pasir Putih sebagai penjara khusus terorisme di Nusakambangan dan masih memiliki kapasitas yang cukup untuk menampung para napi terorisme.

“Sekarang ini kapasitas kita 124 (narapidana) di Pasir Putih, nanti kita lihat saja perkembangannya seperti apa,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa kondisi penjagaan lapas di Mako Brimob itu khusus dijaga oleh pihak kepolisian, bukan oleh sipir penjara di bawah kewenangan Ditjen PAS Kemenkumham.

Menurutnya, lapas di Mako Brimob memiliki kategori sebagai penjara khusus dengan pengamanan ketat. Pengamanan ketat itu salah satu indikatornya dijaga dan dikelola langsung oleh pihak kepolisian.

“Tidak ada, tidak ada (penjagaan dari Ditjen PAS), memang semua (kewenangan) Mako Brimob. Ini khusus Mako Brimob yang menangani,” pungkasnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close