Politik

Pasca Penetapan PKPI, KPU Ganti Alat Sosialisasi

BENGKULU, SENAYANPOST.com – Pasca penetapan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) sebagai salah satu parpol peserta pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu mengganti seluruh alat sosialisasi yang telah dibuat dan dipasang untuk Pemilu 2019 di daerah ini.

“Sebenarnya sebelum penetapan PKPI sebagai peserta, KPU telah mencetak sejumlah alat sosialisasi parpol peserta pemilu, seperti baliho dan spanduk,” kata Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra, di Bengkulu, Selasa (17/4/2018).

KPU Provinsi Bengkulu, ujar dia, sudah menyampaikan hal ini ke PKPI. Pihaknya juga butuh waktu untuk penganggaran serta pembuatan kembali, mohon waktunya.

Sementara, untuk baliho sosialisasi parpol yang dipasang di sekretariat KPU Provinsi Bengkulu, saat ini sedang dalam tahap pencetakan, namun bagi KPU kabupaten dan kota tentunya diganti secara bertahap.

Irwan menyebut, untuk deklarasi pemilu bermartabat pada minggu ketiga April 2018 ini, PKPI juga sudah mulai diikutkan. Sebab, terhitung penetapan KPU pusat, sejak saat itu parpol diakomodasi seluruh haknya.

Partai politik yang akan bertarung pada Pemilu 2019, jelas dia, memiliki hak yang sama. Tapi, sebaliknya juga memiliki kewajiban yang sama, terutama dalam menjaga stabilitas keamanan, baik sebelum maupun pasca pemilu nanti.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close