Metropolitan

Pasca Asian Games, Ganjil-Genap DIlanjutkan kecuali Akhir Pekan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pasca ajang Asian Games 2018, sistem ganjil genap akan tetap dilanjutkan, namun aturan ini tak berlaku di akhir pekan dan hari libur nasional. Selain itu, ruas jalan di Jakarta yang terkena kebijakan ini makin sedikit.

Hal itu disebutkan dalam Peraturan Gubernur No. 92 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap Menjelang dan Selama Penyelenggaraan Asian Para Games 2018. Asian Para Games sendiri digelar di Jakarta, 6 hingga 13 Oktober.

Pergub ini ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 31 Agustus 2018. Kebijakan ini diberlakukan mulai 1 September sampai 13 Oktober.

“Ganjil genap tidak berlaku pada hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional,” kata Wakil Kepala Dishub DKI Jakarta Sigit Widjatmoko dikutip dari CNNIndonesia yang ditulis Senin (3/9)

Pasal 3 ayat (2) Pergub tersebut menyatakan, “…diberlakukan hari Senin dampai Jumat mulai pukul 06.00 sampai 21.00.”

Pasal 3 ayat (3) melanjutkan bahwa kebijakan ganjil genap itu tidak diberlakukan pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional yang ditetapkan dengan Keputusan Presiden.

Di samping itu, area jalan yang terkena kebijakan ganjil genap berkurang. Dari yang sebelumnya mencapai 13 ruas jalan pada saat Asian Games 2018 digelar, kini menjadi 10 ruas jalan.

Ruas jalan yang masih terkena ganjil genap atara lain Jalan Merdeka Barat, Jalan M.H Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Gatot Subroto, Jalan S. Parman (sebagian mulai dari Simpang Jalan Tomang Raya s.d. Simpang Jalan KS Tubun), Jalan M.T Haryono.

Selain itu, ada Jalan H.R Rasuna Said, Jalan D.I Panjaitan, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Jalan Benyamin Sueub (mulai dari Bundaran Angkasa s.d Kupingan Ancol).

Sementara, ruas jalan yang tak lagi dikenakan ganjil genap adalah Jalan Sisingamangaraja, Jalan Metro Pondok Indah, Jalan R.A Kartini.

“Ada pengurangan ruas jalan dibandingkan perluasan gage [ganjil genap] saat ini. Di Jalan Metro Pondok Indah tidak lagi dilakukan ganjil genap Jalan Benyamin Sueb hanya diberlakukan gage saat Asian Para Games,” ucap Sigit.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close