Pasar Ikan Modern Palembang Dibangun Tahun Depan

Pasar Ikan Modern Palembang Dibangun Tahun Depan

SUMSEL, SENAYANPOST.com – Kementerian Perikanan selaku pemegang anggaran telah menyiapkan konsep dan akan membangun pasar ikan modern di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

“Masih proses lelang. Target pembangunan fisik akan dimulai febuari tahun depan dan diperkirakan pembangunannya hanya setahun,” ujar Kepala Dinas Perikanan Kota Palembang, Aprizal Hasyim, di Palembang, Rabu (12/9/2018).

Ia mengatakan, pembangunan pasar ikan modern itu akan dimulai tahun 2019 karena saat ini sedang dilakukan proses lelang. Artinya, pada 2020 masyarakat bisa menikmati pasar modern di Jalan MP Mangkunegara, Kecamatan Ilir Timur II Kota Palembang tersebut.

Sekarang ini, kata dia, lahan untuk pembangunan pasar ikan modern masih menjadi kantor polisi pamong praja. Selain itu pihaknya sedang mengumpulkan data pedagang yang akan berjualan di pasar ikan modern itu.

D lokasi tersebut, rencananya akan ada 165 los pasar ikan yang berada di bawah, dan 80 food court yang akan menjual kuliner yang berbahan dasar ikan. Semua konsep ini telah disiapkan Kementerian Perikanan selaku pemegang anggaran.

Harapan Aprizal pasar ikan modern ini dapat menghilangkan pemikiran masyarakat tentang pasar yang bau amis. Karena itu, pasar ini akan dilengkapi dengan fasilitas pengelolahan limbah dan dibuat senyaman mungkin.

Tak hanya itu, pihaknya juga sedang memikirkan untuk harga ikan yang dijual akan sama dengan harga ikan yang dijual oasar tradisional. “Impian kami, pembayaran dipasar modern bisa dilakukan dengan e-money dan bisa bekerja sama dengan salah satu bank,” jelasnya. (JS)