Partai Aung San Suu Kyi Kembali Menang Pemilu Myanmar

Partai Aung San Suu Kyi Kembali Menang Pemilu Myanmar
Pendukung Aung San Suu Kyi ketika merayakan kemenangan di markas partai di Yangon, Myanmar. Foto/Shwe Paw Mya Tin/Reuters

JAKARTA, SENAYANPOST.com -Partai pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi kembali memenangi kursi mayoritas parlemen untuk membentuk pemerintahan baru. 

Hal iitu berdasarkan hasil resmi Pemilu Myanmar yang dirilis pada hari Jumat (13/11). 

Reuters melaporkan, berdasarkan hasil pemilu 8 November lalu mengkonfirmasi Parta Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) pimpinan Suu Kyi, mengamankan 322 kursi di badan legislatif bikameral yang diperlukan untuk membentuk pemerintahan. 

NLD mendapat 346 kursi dari 412 kursi yang diumumkan dengan hasil dari 64 kursi lagi belum diumumkan. 

Adapun pihak oposisi yang berpihak kepada militer, Partai Persatuan Solidaritas dan Pembangunan (USDP), hanya mendapatkan 24 kursi. 

Juru bicara NLD Monywa Aung Shin mengatakan kemenangan telak ini menunjukkan bahwa orang-orang masih percaya pada kepemimpinan Suu Kyi. 

Kemenangannya akan menjadi dorongan selamat datang bagi Suu Kyi, peraih Nobel Perdamaian yang mengalami masa jabatan pertama yang bergejolak dan berjuang untuk memenuhi harapan publik yang tinggi.  

Dia ditugaskan untuk mengembangkan negara yang menderita hampir 50 tahun dalam isolasi dan kemunduran di bawah pemerintahan militer yang ketat, yang merupakan tahun-tahun yang Suu Kyi jalani sebagai tahanan rumah. 

Kali ini, pemungutan suara dilihat sebagai referendum pada pemerintahan Suu Kyi, yang sangat populer di dalam negeri.  

Tetapi reputasinya di luar negeri telah runtuh karena tuduhan genosida terhadap minoritas Muslim Rohingya di negara itu, meski hal ini dibantah oleh pemerintah Myanmar.