Politik

Paripurna DPR Diwarnai Interupsi Jiwasraya dan BPJS

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Rapat Paripurna DPR yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Sufmi Ahmad Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (13/1/2020) diwarnai interupsi soal kenaikan iuran BPJS Kesehatan, banjir, korupsi PT. Jiwasraya dan lain-lain.

Tampak Dasco didampingi Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin, Rachmat Gobel, dan A. Muhaimin Iskandar .

Wakil Ketua Komisi IX DPR H. Anshori Siregar mengatakan pihaknya minta membatalkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan tersebut, karena sudah menjadi kesepakatan antara pemerintah dan DPR RI, dalam rapat gabungan.

“Pada Kamis (12/12/2019) Komisi IX DPR telah menggelar rapat gabungan bersama Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fahmi Idris, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Ketua DJSN, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintag (LKPP) dan Dewan Pengawas BPJS dan DPR menolak kenaikan itu,” kata politisi PKS tersebut.

Anis Byarwati anggota Komisi XI DPR FPKS juga mendesak dibentuknya Pansus Jiwasraya, karena kerugian Rp13,7 triliun trersebut sudah merupakan kejahatan kriminal (criminal crime) yang harus mendapat perhatian serius DPR dan pemerintah dengan membentuk Pansus.

“Temuan BPK itu penting, dan karenanya DPR harus bentuk Pansus,” katanya.

Hal yang sama disampaikan anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Gerindra Andre Rosiade, yang juga mendesak DPR RI membentuk Panitia Khusus (Pansus) terkait Jiwasraya, untuk membongkar secara tuntas kasus tersebut.

“Harapan rakyat Rapat Paripurna ini agar Pimpinan DPR dan seluruh Pimpinan Fraksi segera berkumpul dan rapat mendengarkan harapan rakyat yang menginginkan Pansus Jiwasraya dibentuk agar kasus tersebut bisa dibongkar tuntas,” jelas Andre.

Sementara itu M. Arwani Thomafi meminta penmanganan banjir baik di Jawa maupun luar Jawa ditangani secara komprehnesif dan mendapat perhatian seius pemerintah pusat dan daerah.

“Khususnya warga yang terkena dampak banjir maupun longsor, untuk mendapat prioritad diselamatkan,” kata Ketua Fraksi PPP MPR RI itu.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close