Ekonomi

Pantauan Pasar Saham Hari Ini

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG ) bergerak mixed kemudian berakhir menguat pada perdagangan hari Rabu (25/7). IHSG naik tipis +0,03 persen (+2 poin) ke level 5.933.

Sektor aneka industri dan tambang menjadi penopang laju IHSG . Kedua sektor tersebut menguat masing-masing +2,67 persen dan +1,44 persen. Menguat sejak awal pekan, laju IHSG sedikit tertahan aksi ambil untung para pemodal, demikian penilaian analis.

Market saham Asia mixed pada akhir sesi perdagangan hari Rabu (25/7). Market saham Jepang dan Hong Kong menapak zona hijau. Kinerja laba emiten yang moncer mendukung penguatan saham global.

Sektor baja dan logam lainnya di antara sektor yang menguat terbaik. Indeks Nikkei 225 naik 103,77 poin. Saham JFE Holding naik 2,98 persen. Nisshin Steel rally 2,21 persen. Sebagian besar saham otomotif juga bergerak naik meskipun saham Mitsubishi Motors tumbang 2,91 persen. Mitsubishi mencetak laba melampaui perkiraan para analis.

Di bursa Hong Kong, Indeks Hang melanjutkan penguatan berkat dukungan saham-saham energi dan jasa. Sementara market saham China turun tipis setelah Indeks Shenzhen turun tipis 0,07 persen dan Indeks Shanghai ke zona merah.

Indeks Kospi di bursa Korsel tergelincir ke zona negatif seiring tekanan yang terjadi pada saham-saham tekno kapitalisasi besar. Harga saham Samsung Electronics turun 0,11 persen. Indeks Kospi turun 0,31 persen di tengah penguatan saham manufaktur dan pelemahan saham-saham otomotif dan ritel.

Sementara itu Indeks ASX 200 di market saham Australia bergerak melemah 0,29 persen. Saham-saham healthcare dan konsumer menjadi lokomotif pelemahan.

Di awal pekan ini, pemerintah China mengumumkan akan mengubah kebijakan fiskal lebih banyak di antaranya pemangkasan pajak korporasi disertai perubahan setelah perang dagang USA-China. Dibandingkan dengan kebijakan tahun 2008/2009 saat China menelurkan kebijakan belanja 4 triliun yuan, langkah saat ini berusaha mengatasi kekhawatiran pertumbuhan dengan palu godam, kata Tai Hui, Chief Market Strategis pada JP Morgan Asset Management.

Bursa saham Wall Street berakhir lebih tinggi, Rabu, dengan Nasdaq melonjak ke rekor baru setelah Amerika Serikat dan Uni Eropa mengumumkan kesepakatan tentang sengketa perdagangan mereka.
Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup menguat 0,68 persen atau 172,16 poin menjadi 25.414,10.

Sementara itu, indeks S&P 500 meningkat 25,67 poin atau sekitar 0,91 persen menjadi 2.846,07, sedangkan Indeks Komposit Nasdaq melejit 1,17 persen atau 91,47 poin menjadi 7.932,24, melampaui rekor yang tercatat pekan lalu sekitar 77 poin.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close