Hukum

Pansus DPR dan Pemerintah Gelar Rapat Bahas Definisi Terorisme

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pansus RUU Antiterorisme dan pemerintah menggelar rapat bersama pemerintah dengan agenda membahas definisi terorisme.

Rapat digelar di gedung Nusantara II, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/5/2018), yang dipimpin Wakil Ketua Pansus RUU Antiterorisme Supiadin Aries Saputra dari Fraksi NasDem.

“Agenda hari ini adalah melanjutkan pembahasan yang tertunda pada tanggal 18 April 2018. Hari ini khusus untuk membahas definisi saja,” ujar Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkum HAM Enny Nurbaningsih.

Hal senada disampaikan Ketua Pansus RUU Antiterorisme M Syafii. Hingga saat ini, masih ada perdebatan soal frasa ‘ideologi dan motif politik’ dalam definisi terorisme. Dia berharap rapat hari ini bisa menghasilkan keputusan.

“Ada frasa yang kita anggap sangat penting, yakni frasa ‘motif atau tujuan politik’ atau ‘ancaman terhadap keamanan negara’, itu belum terangkum dalam definisi yang dipresentasikan oleh pemerintah,” kata Syafii.

“Kita berharap hari ini kita bisa menemukan kesamaan pandangan sesuai dengan logika hukum, karena frasa itulah yang membedakan antara kejahatan kriminal biasa dengan kriminal terorisme,” ucapnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close