Nasional

Panglima TNI Perintahkan Prajurit Jaga Netralitas di Pilkada Serentak 2020

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menekankan kepada seluruh jajaran TNI menjaga netralitasnya pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020.

“Kita mengingatkan kembali kepada jajaran, unsur-unsur TNI di seluruh wilayah, untuk tetap memegang netralitas TNI, tidak berpolitik praktis,” ujar Marsekal Hadi usai membuka rapat pimpinan (Rapim) TNI-Polri Tahun 2020 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Hadi mengungkapkan TNI-Polri juga siap mengamankan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 Papua. Hadi berharap pelaksanaan pesta multievent empat tahunan dalam negeri bisa berlangsung aman dan damai tanpa adanya gangguan keamanan di Papua.

Selain itu, lanjut Hadi, TNI-Polri juga telah mengantisipasi terjadinya fenomena alam berupa hujan berintensitas tinggi di wilayah timur. Hal itu termasuk antisipasi tanah longsor, banjir, dan kemarau panjang yang dapat mengakibatkan petani gagal panen. Dengan begitu, sambung Hadi, TNI-Polri siap membantu masyarakat di wilayah terdampak bencana.

Dia menegaskan, TNI telah memiliki standar operasional prosedur (SOP) dalam mengantisipasi peristiwa sepanjang 2020.

“Kita memiliki satu SOP atau rentinkon, rencana tindakan kontinjensi dalam rangka mengantisipasi kejadian-kejadian di tahun 2020,” kata Hadi.

“Di samping juga kita melaksanakan program kerja yang sudah kita rencanakan, yaitu pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 dan pengamanan PON ke 20 tahun 2020 di Papua ” ungkap Hadi.

Dalam Rapim TNI-Polri Tahun 2020, rapat dipimpin Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis. Marsekal Hadi didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, dan Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman.

Adapun rapim diikuti 359 peserta terdiri dari 186 pejabat Mabes TNI dan angkatan, serta 173 pejabat Polri. Sedangkan, tema yang diangkat adalah “Dilandasi profesionalitas, soliditas, dan sinergitas, TNI-Polri siap mengamankan Pilkada serentak 2020 serta mengawal pembangunan nasional dalam rangka menuju Indonesia maju”.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close