Nasional

Panglima TNI, Kapolri dan Kepala BNPB Tinjau Karhutla Riau

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian meninjau kebakaran hutan lahan di Provinsi Riau, Minggu (15/9).
Ketiganya menggunakan helikopter TNI AU dan mendarat di lapangan Desa Kerumutan, Pelalawan, Riau.

Mereka lalu melanjutkan perjalanan menuju daerah sekitar pompa minyak Pertamina di Blok Eka Kuning. Sesampainya di titik pemadaman, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto langsung memberikan komando untuk menggerakkan pasukan anev terkait kendala dan kebutuhan pemadaman melalui jalur darat.

“Kita akan kirim eskavator untuk memperlebar parit. Kemudian juga pompa air beserta selangnya,” kata Hadi dalam keterangan tertulis, Minggu (15/9).

Hadi menyebut, pihaknya juga akan mengirim drone yang akan terbang selama 24 jam sehari. Sebab, menurutnya, akan ada perbedaan data di siang dan malam hari.

“Drone ini akan diterbangkan 24 jam penuh untuk memantau. Api ini harus terus diamati karena siang dan malam beda. Kadang api padam saat siang, lalu malamnya menyala lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengaku heran karena dari ribuan hektar lahan yang terbakar, tak satu pun mencakup kebun sawit dan tanaman industri lain. Ia berpendapat, hal ini menunjukkan bahwa masalah karhutla murni disebabkan oleh ulah manusia.

“Misal pun ada paling hanya sedikit dan di pinggir. Ini menunjukkan adanya praktik ‘land clearing’ dengan mudah dan murah memanfaatkan musim kemarau,” ungkap Tito.

Sementara itu, Kepala BNPB Doni Monardo menekankan perlunya pendekatan dengan para petani produktif. Misalnya dengan menanam berbagai tanaman produktif yang bisa jadi alternatif.

“Ini masalah cara pikir manusia. Harus diubah. Mulailah dengan menanam tanaman produktif seperti cabai, kopi liberica, lidah buaya atau bisa juga pisang,” kata Doni.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close