Pangkas Jarak dari Pimpinan Klasemen, Koeman Sukses 'Poles' Barcelona

Pangkas Jarak dari Pimpinan Klasemen, Koeman Sukses 'Poles' Barcelona
Goal.com

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Barcelona mulai kembali ke habitatnya sebagai kandidat juara Liga Spanyol hingga pekan ke-26. Anak asuh Ronald Koeman itu kini tinggal berjarak tiga angka dari Atletico Madrid dan makin memanaskan persaingan juara.

Barcelona meraih kemenangan 2-0 saat bertandang ke Osasuna, Ahad (7/3/2021) dini hari waktu Indonesia. Gol Jordi Alba dan Ilaix Moriba memastikan Blaugrana pulang dengan tiga poin.

Kemenangan itu merupakan yang ke-13 dalam 16 laga terakhir Barcelona di ajang Liga Spanyol. Tiga laga lainnya berakhir seri.

Catatan itu tentu membuat Barcelona menjadi penantang serius juara Liga Spanyol bersama Atletico dan juga Real Madrid.

"Penting apa yang kami lakukan dalam 14 atau 15 pertandingan terakhir. Kami menutup jarak dengan Atlético. Apalagi dengan hasil malam ini, ada liga hingga akhir musim," kata Koeman dilansir dari Marca.

Hasil ini sedikit di luar dugaan. Karena di awal musim Barcelona tampil terseok-seok.

Rentetan hasil minor membuat mereka tercecer di papan tengah klasemen. Bahkan pada pekan ke-16, Barcelona yang di posisi ke-4 masih berjarak 11 poin dari Atletico di puncak.

Setelah itu, posisi Barcelona naik turun seiring hasil yang didapat. Namun perlahan tapi pasti kini Azulgrana tampil konsisten.

Bahkan kini, mereka berhasil memangkas jarak angka dengan Atletico menjadi tiga poin dan masuk dalam persaingan menuju juara.

Hasil ini tak lepas dari perubahan yang dilakukan Koeman dari satu pertandingan ke pertandingan lain. Dari mulai mencoba berbagai formasi, hingga melakukan tambal sulam skuad akibat cedera dengan mempercayakan pemain-pemain muda, termasuk dari La Masia.

Beberapa pemain muda yang tampil menonjol di antaranya Sergino Dest, Ronald Araujo, dan Oscar Mingueza di sektor belakang, Pedri dan Ilaix Moriba di lini tengah.

Pemain-pemain itu tampil padu dengan para pemain senior seperti Gerard Pique, Sergio Busquets, dan Lionel Messi.

Hasilnya seperti yang sekarang terlihat di klasemen. Berada di urutan kedua dan makin menempel ketat Atletico. Meski tak dimungkiri Barcelona berada di posisi ini juga tak lepas dari tak konsistennya Real Madrid, maupun Atletico yang mulai mengendur.

Namun demikian, Koeman senang dengan performa anak asuhnya. Dia akan tetap memberikan mereka kesempatan bermain.

"Tentu kami bangga bisa membiarkan pemain muda didikan kami masuk. Kami melakukannya karena mereka pantas mendapat peluang," ucapnya.

"Orang-orang seperti Pedri, Ilaix, Riqui, Mingueza, Araujo menunjukkan bahwa mereka memiliki masa depan yang bagus. Sebagai pelatih, saya selalu memberikan kesempatan kepada anak muda karena mereka adalah masa depan klub," tambahnya.