Internasional

Pangeran Mohammed Janji Bebaskan 850 Warga India yang Ditahan di Saudi

NEW DELHI, SENAYANPOST.com – Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman janji bakal membebaskan warga asing yang ditahan di negaranya, termasuk saat berkunjung ke India. Janji pembebasan narapidana asal India itu atas permintaan dari Perdana Menteri India, Narendra Modi.

Demikian disampaikan juru bicara kementerian luar negeri India dalam twitnya, Rabu (20/2).

“Atas permintaan PM Narendra Modi, Yang Mulia Pangeran Mahkota Arab Saudi telah memerintahkan pembebasan 850 narapidana India yang ditahan di penjara Saudi,” tulis juru bicara kementerian tersebut.

Sekitar 2,7 juta warga India diketahui tinggal di Arab Saudi. Mereka membentuk komunitas ekspatriat terbesar di kerajaan tersebut.

Banyak warga India yang tinggal di Saudi bekerja di sektor-sektor pekerjaan bergaji rendah seperti konstruksi, pekerja rumah tangga, atau ritel.

Dilansir Al Arabiya yang mengutip Reuters, MBS tiba di India dalam rangka tur Asia pada Selasa (19/2/2019) malam.

Sebelumnya MBS telah mengawali rangkaian tur Asia dengan mengunjungi Pakistan pada Minggu (17/2/2019).

Di Pakistan, selain menandatangani sejumlah kesepakatan investasi, MBS juga menjanjikan pembebasan sejumlah tahanan asing di kerajaannya.

MBS bahkan menjanjikan kepada PM Pakistan Imran Khan untuk membebaskan lebih dari 2.100 warga Pakistan yang sedang menjalani hukuman penjara di Arab Saudi.

Sementara di New Delhi, Pangeran Mahkota Saudi mengharapkan dapat menandatangani peluang investasi senilai lebih dari 100 miliar dollar AS (Rp1.400 triliun) di India untuk dua tahun ke depan.

Setelah dari India, MBS akan mengakhiri rangkaian tur Asia kali ini dengan mengunjungi China.

Sebelumnya MBS juga telah dijadwalkan untuk melakukan kunjungan ke Asia Tenggara dengan singgah di Indonesia dan Malaysia. Namun rencana tersebut ditunda hingga batas waktu yang tidak disebutkan.

Pihak Saudi juga tidak memberikan rincian alasan pembatalan kunjungan ke dua negara ASEAN itu. (WW)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close