Nasional

Pandemi Corona, Tarawih & Bukber Puasa Tetap Ada di Istiqlal

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kegiatan tarawih dan buka puasa bersama tetap akan diadakan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Kegiatan rutin di bulan puasa ini akan berjalan seperti biasa meskipun wabah corona.

“Kemudian yang kami informasikan adalah sebentar lagi akan Ramadhan, kami sepakat Ramadhan, tarawih dan buka puasa bersama tetap diadakan seperti biasa,” ujar Menteri Agama Fachrul Razi memastikan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jum’at (13/3/2020).

Keputusan ini disampaikan Fachrul setelah melakukan kegiatan sterilisasi Masjid Istiqlal bersama Menkes Terawan serta kementerian lainnya. Namun, dia menegaskan keputusan ini bisa saja berubah tergantung situasi ke depannya.

“Kecuali ada perubahan-perubahan situasi yang membuat situasi menjadi sangat jelek, kecuali itu ya tapi mudah-mudahan tidak terjadi,” Jelasnya.

Selain itu, Fachrul menyebut saat ini menggencarkan pencegahan penularan virus corona di masjid-masjid lainnya. Seperti misalnya penyemprotan disinfektan secara rutin, menggulung karpet hingga menyediakan sabun dan antiseptik di sekitar tempat wudu.

Fachrul juga memberi imbauan agar jemaah sementara ini tidak bersalaman serta memerhatikan pengambilan air wudu. Dia juga meminta agar jemaah tidak melakukan cipika-cipiki.

“Sebagai contoh kita sarankan untuk tak usah lagi sementara waktu ini bersalaman, apalagi cipika-cipiki nggak usah lagi, karena ternyata itu media penularan penyakit,” jelasnya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close