Politik

PAN Usul Pimpinan MPR Jadi 10 Kursi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Jumlah pimpinan MPR RI periode 2014 – 2019 sebanyak 8 kursi pasca revisi UU MD3 (MPR,DPR,DPD dan DPRD) pada April 2018 silam, dan melalui revisi jumlah pimpinan MPR RI ke depan akan kembali menjadi 5 kursi pimpinan. Tapi, PAN usul pimpinan MPR sebanyak 10 kursi untuk menghindari kegaduhan politik.

“Agar tak terjadi kegaduhan politik dengan sistem paket, dan jumlah paket itu akan lebih dari satu paket dalam pemilihan pimpinan MPR RI plus DPD MPR RI, maka sebaiknya revisi UU MD3 itu dilakukan dengan muasyawarah mufakat menjadi 10 kursi pimpinan MPR RI,” tegas Waketum PAN Viva Yoga Mauladi di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Sepuluh pimpinan MPR RI tersebut terdiri dari 9 kursi untuk 9 fraksi MPR RI (PDIP, Golkar, Gerindra, NasDem, PKB, PKS, Demokrat, PAN, dan PPP), dan satu kursi untuk DPD RI.

“Saya kira kalau musyawarah mufakat itu bisa dilakukan, proses pemilihan pimpinan MPR RI akan berlangsung damai dan lancar. Jadi, MPR RI ke depan perlu mempertimbangkan itu,” katanya singkat.

Pemilihan pimpinan MPR tersebut berdasarkan Pasal 427 C Undang-undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3), pimpinan MPR dipilih dalam sistem paket.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close