Politik

PAN Beri Sinyal Merapat ke Barisan Pendukung Prabowo

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sinyal Partai Amanat Nasional merapat ke barisan pendukung Prabowo Subianto semakin jelas. Indikasi itu terlihat dengan hadirnya Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais ke acara peresmian Sekretariat Bersama Gerindra-PKS untuk pemenangan pilpres 2019.

Hanafi bahkan tak keberatan kedatangannya itu dianggap mendukung Prabowo.

“Tafsirkan bebas silakan saja. tidak ada masalahnya,” kata Hanafi usai acara peresmian di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (27/4) malam.

Dalam acara peresmian, Hanafi juga sempat menyinggung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai presiden berikutnya. Apalagi ditambah cuaca cerah malam lalu dianggapnya juga sebagai pertanda baik.

“Selamat malam salam sejahtera bagi kita semua saudara-saudaraku, yang kita banggakan Bapak Haji Prabowo Subianto, Ketua Umum Gerindra, Ketua Dewan Pembina Gerindra, Insyaallah,” ujar dia.

Hanafi menegaskan kedatangannya ke peresmian sudah sepengetahuan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dalam memenuhi undangan yang disampaikan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno.

“Tentu sebagai bentuk persaudaraan sesama muslim, tentu harus dihadiri. Dan acaranya juga umum terkait peresmian rumah rakyat yang isinya diskusi pengajian dan acara-acara non-politik,” katanya.

Sikap PAN secara resmi kata dia, akan ditentukan pada rapat kerja nasional (rakernas) akhir bulan Mei.

Nantinya kata dia, dalam rakernas masukan Zulkifli selaku ketua umum, Sutrisno Bahir sebagai Ketua MPP PAN dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais akan didengar dan menjadi pertimbangan utama.

“Jadi tunggu sebentar saja, masih diramu, insya allah dalam waktu dekat ini diperjelas,” katanya.

Hingga saat ini, PAN belum menentukan sikapnya untuk pilpres 2019. Selain PAN, Partai Demokrat dan PKB juga belum secara resmi mengumumkan sikap.

Namun, Amien Rais kerap kali menyuarakan bahwa PAN tidak akan mendukung Presiden Joko Widodo untuk kembali maju di 2019. Pernyataan itu berseberangan dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang masih membuka peluang merapat ke Jokowi.

Terkait perbedaan sikap itu, Hanafi menilai hal tersebut bukan merupakan bentuk perpecahan dalam internal PAN.

“Enggak (perpecahan), tidak ada perbedaan pasti nanti resminya PAN hanya ada satu matahari, satu sikap resmi,” katanya. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close