Lintas Daerah

Palembang Berpotensi Kembangkan Paket Wisata Nostalgia

SUMSEL, SENAYANPOST.com – Untuk menarik wisatawan asing yang semasa mudanya pernah tinggal di Kota Palembang, Sumatera Selatan, berpotensi mengembangkan paket wisata nostalgia.

Dalam sejarah disebutkan, Kota Palembang sekitar tahun 1950-an, terutama di kawasan Plaju terdapat perusahaan minyak Amerika Serikat PT Stanvac yang kini menjadi PT Pertamina.

“Anak dan cucu mantan karyawan perusahaan asing itu kini merindukan tempat mereka bermain semasa kecil,” kata pemandu wisata asing Ferry, di Palembang, Sabtu (14/4/2018).

Menurutnya, melihat gambaran betapa senangnya wisatawan asing bisa bernostalgia di Palembang, diharapkan dapat menginspirasi pemerintah daerah setempat dan pihak pengelola biro perjalanan wisata menyiapkan paket wisata nostalgia di Bumi Sriwijaya ini.

Wisatawan Belanda yang bernostalgia di komplek Pertamina Plaju dan Sungai Gerong itu, menceritakan mereka dan beberapa ayah mereka lahir di Palembang dan tinggal di kompleks Pertamina itu pada usia 4-5 tahun pada 1950-an.

Berbekal peta dan kenangan yang diingat semasa kecil mereka 60 tahun silam, mereka berusaha mencari jejak kehidupan masa kecil mereka, ayah bersama kakeknya di kompleks Pertamina, Plaju dan Sungai Gerong.

Wisatawan itu dipandu mencari rumah tinggal mereka, rumah sakit, kolam renang, lapangan tenis dan sejumlah kenangan lain, serta menikmati wisata Sungai Musi.

Beberapa wisatawan yang orang tuanya masih hidup berusaha berbagi ceria kepada ayah dan ibunya di Belanda yang kondisinya mulai sering sakit-sakitan melalui panggilan video (video call) secara langsung di lokasi yang dikunjungi.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close