Pakai Metode Cryogenic, Laboratorium di China Ingin Bangkitkan Orang Mati

Pakai Metode Cryogenic, Laboratorium di China Ingin Bangkitkan Orang Mati
Shandong Yinfeng Life Science Research Institute (foto detikcom)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Sebuah laboratorium di China bermimpi untuk membangkitkan orang mati. Metodenya adalah membekukan badan manusia sampai nanti tiba saatnya teknologi dapat membangkitkan mereka kembali.

Metode ini lazim disebut cryogenic dan beberapa lembaga mendalami bidang ini. Shandong Yinfeng Life Science Research Institute yang berlokasi di Jinan, China adalah salah satunya, di mana jenazah beberapa orang sudah disimpan di sini dalam temperatur sangat rendah.

Tubuh yang sudah meninggal disimpan dalam kontainer stainless steel yang mengandung nitrogen cair super dingin. Du Hong, seorang penulis dari Chongqing, adalah manusia pertama di China yang menjalani prosedur tersebut setelah meninggal dunia karena kanker pankreas di 2015.

Dikutip dari South China Morning Post, Kamis (1/10/2020) ada empat institusi semacam itu di dunia. Selain di China, ada Cryonics Institute dan Alcor Life Extension Foundation di Amerika Serikat serta KrioRus di Rusia.

Yinfeng Life sendiri bekerja sama dengan rumah sakit dan universitas di China. Direkturnya bernama Aaron Drake yang dulu bekerja di Alcor. Ia mengutarakan perbedaan institusi di China dan di negara lain yang mungkin akan menjadikan Negeri Tirai Bambu lebih unggul.

Di AS, institusi dengan metode tersebut harus benar-benar mengikuti hukum dan tidak memiliki lisensi medis. "Cuma seperti orang yang dikubur secara beku," kata Aaron.

"Tapi pemerintah China tidak hanya ingin kami menjadi proyek membekukan tubuh. Pemerintah ingin bagaimana proyek ini bisa bermanfaat di semua area medis. Ini adalah proyek riset besar sehingga saya tertarik gabung," katanya.

Maka institusinya juga mengembangkan teknologi lain, misalnya transplantasi organ tubuh yang lebih efektif. Dengan dukungan pemerintah China dan giat mengembangkan metodenya, bisa jadi Yinfeng Life bakal lebih maju dari pesaingnya di negara lain. (WS)