Ekonomi

Pahlawan Asal Majalengka KH Abdul Halim Diusulkan Jadi Nama Bandara Kertajati

MAJALENGKA, SENAYANPOST.com – Nama pahlawan nasional asal Majalengka, KH Abdul Halim, diusulkan sebagai nama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

“Biasanya berbagai tempat bandara Indonesia dinamai pahlawan setempat. Pahlawan nasional dari Majalengka adalah KH Abdul Halim, saya rasa setuju kalau saatnya nanti diberi nama KH Abdul Halim,” kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) saat meninjau ke lokasi pembangunan BIJB, di Kabupaten Majalengka, Senin (2/4/2018).

Meskipun banyak usulan dari masyarakat terkait nama bandara tersebut, kata Aher, hingga saat ini belum ada kesepakatan resmi terkait penamaannya.

“Selain usulan dari masyarakat kami juga pernah bertemu dengan tim dari Kemendagri, salah satu tim tersebut berasal dari Sekretaris Militer Kepresidenan. Dia mengatakan bahwa biasanya di berbagai tempat bandara itu dinamai dengan nama pahlawan setempat,” kata dia.

Ia menuturkan sejumlah nama pahlawan nasional yang diabadikan menjadi nama bandara adalah Bandara Internasional Husein Sastranegara dan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Sumatera Selatan.

KH Abdul Halim, lebih dikenal dengan nama KH Abdul Halim Majalengka adalah Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudoyono Nomor: 041/TK/Tahun 2008 tanggal 6 November 2008.

Beliau merupakan tokoh pergerakan nasional, tokoh organisasi Islam, dan ulama yang terkenal toleran dalam menghadapi perbedaan pendapat antarulama tradisional dan pembaharu yang lahir di Kabupaten Majalengka, 26 Juni 1887. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close