Nasional

Padat Karya 2020, Pemerintah Gelontorkan Rp11,3 T

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pemerintah menggelontorkan dana Rp11,3 triliun untuk program padat karya secara nasional di 23.392 lokasi pada 2020.

“Diperkirakan terdapat kurang lebih 612.956 pekerja setempat yang dapat diberdayakan dalam program ini,” ucap Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja di Kalimantan Tengah, Kamis (9/7/2020).

Khusus di Pulau Kalimantan, lanjut Jokowi, pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp865,35 miliar untuk program padat karya tunai. Dana itu direncanakan untuk memenuhi kebutuhan pengerjaan di 1.537 lokasi.

“Ini dengan harapan dapat memberdayakan sebanyak 43.016 pekerja setempat dengan durasi pengerjaan proyek selama 30 hingga 100 hari,” terang Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi menginstruksikan seluruh kementerian/lembaga untuk menggenjot program padat karya tunai. Tujuannya, untuk membuka lapangan kerja dan menjaga daya beli masyarakat di tengah pandemi virus corona.

“Saya ingin menekankan kepada seluruh menteri untuk memperbanyak program-program yang sifatnya padat karya tunai,” ucap Jokowi.

Jokowi mewajibkan seluruh kementerian untuk menambahkan setidaknya 5 kali dari besaran yang selama ini disalurkan. Ia bilang manfaat program itu harus dapat dirasakan oleh masyarakat terutama masyarakat pedesaan. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close