Ekonomi

Pabrik Sepatu Nike PHK 4.985 Buruh

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Dampak dari pandemi virus corona, PT Victory Chingluh Indonesia (Chingluh) selaku produsen sepatu merek Nike di Indonesia, melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 4.985 karyawannya.

Ketua Gabungan Serikat Buruh Indonesia Chingluh, Wandi, mengatakan, PHK tersebut rata-rata menyasar karyawan dengan masa kerja tiga bulan atau percobaan serta karyawan tetap dengan masa kerja di bawah satu tahun.

“Itu data per tanggal 20 Mei kemarin. Pertama, itu Maret dan April untuk yang masa percobaan 3 bulan. Kedua per tanggal 20 kemarin,” ujar Wandi, Kamis (28/5/2020).

Padahal, lima serikat pekerja yang ada di Chingluh sebelumnya telah berdiskusi dengan manajemen perusahaan dan meminta agar opsi PHK tak diambil.

Serikat pekerja menyarankan manajemen untuk melakukan efisiensi biaya operasional dan pengurangan jam kerja agar beban perusahaan dapat berkurang di tengah pandemi covid-19.

Namun, opsi tersebut tak diambil oleh perusahaan lantaran rendahnya permintaan pasar serta masalah-masalah lain yang membebani perusahaan seperti sulitnya bahan baku.

“Akhirnya, opsi itu diambil. Dan kami minta agar ada kepastian soal hak-hak buruh yang di-PHK sesuai dengan Undang-Undang nomor 3 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan Pasal 156 tentang kompensasi,” tambah Wandi.

Ia menambahkan, manajemen juga berjanji bakal kembali melakukan perekrutan karyawan yang terkena PHK di masa pandemi ini.

“Ini baru pertama kalinya terjadi sejak berdirinya Chingluh, (PHK) di tahun 2020. Pandemi ini PHK dilakukan besar-besaran. Tapi perusahaan memberi catatan akan memprioritaskan mereka yang di-PHK untuk kembali bekerja jika ada lagi rekrutmen setelah kondisi stabil,” tandasnya.

Direktur Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Kementerian Ketenagakerjaan John Daniel Saragih membenarkan PHK massal yang dilakukan Chingluh berdasarkan informasi Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang.

Menurut John, PHK seharusnya bisa dicegah jika perusahaan bisa melakukan efisiensi dengan manajemen yang baik. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close