Orang Terbang dengan Jetpack Dekat Bandara Los Angeles, FBI Turun Tangan

Orang Terbang dengan Jetpack Dekat Bandara Los Angeles, FBI Turun Tangan
Dua orang pilot Jetpack terbang berdampingan dengan sebuah pesawat Superjumbo Airbus A380 dalam sebuah video promosi (foto kompas.com)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Bandara Internasional Los Angeles (LA), Amerika Serikat kembali mendapat laporan adanya orang tak dikenal dilaporkan terlihat terbang menggunakan jetpack di dekat lokasi strategis tersebut.

Hal tersebut menjadi tanda tanya, karena ini adalah kali kedua ada orang dengan jetpack terbang di dekat bandara tersebut.

Meski demikian, diberitakan NPR, tidak diketahui apakah penampakan orang terbang dengan jetpack yang terlihat Rabu (14/10/2020) itu sama dengan yang sebelumnya.

Orang yang terbang dengan jetpack kali ini terlihat mengudara pada ketinggian 6.000 kaki.

Administrasi Penerbangan Federal (AFF) menyatakan anggota kru China Airlines melaporkan, penampakan benda yang diyakini sebagai orang dengan jetpack ini terihat sekitar 7 mil arah barat laut Bandara LA.

Saat ini, kasus orang terbang dengan jetpack di dekat Bandara LA itu sedang diselidiki FBI.

“ FBI melakukan kontak dengan FAA dan sedang menyelidiki berbagai laporan tentang apa yang, menurut saksi mata, tampak seperti seseorang di dalam jetpack dekat LAX," kata juru bicara Kantor Lapangan FBI LA, Laura Eimiller, dikutip dari BBC.

Adapun, otoritas Bandara LA sejauh ini tidak memberikan komentar publik terkait masalah tersebut.

Jetpack adalah perangkat yang biasanya diikatkan ke punggung seseorang yang menggunakan semburan gas atau cairan untuk mendorong pemakainya terbang ke udara.

Jetpack dinilai sebagai fiksi ilmiah yang beberapa tahun terakhir menjadi kenyataan.

Penemu di seluruh dunia saat ini tengah membuat jetpack dalam beberapa dekade terakhir.

Baru-baru ini, jetpack juga telah digunakan untuk dicoba terbang mengelilingi Dubai dan Patung Liberty di New York.

Melansir dari New York Times, pada 29 Agustus 2020, seorang pilot American Airlines melaporkan adanya pria terbang dengan jetpack pada ketinggian 3.000 kaki.

Penampakan terbang jetpack seperti ini cukup mengejutkan, karena sebagian jetpack tidak dilengkapi perlengkapan untuk terbang lebih dari beberapa menit maupun untuk terbang tinggi.

Terbang di sekitar bandara juga dianggap berisiko menimbulkan tabrakan dengan pesawat jet bahkan terseret dalam mesin pesawat.

JetPack Aviation, yang berbasis di wilayah Lembah San Fernando di LA, adalah  jetpack yang saat ini membanggakan kemampuannya menerbangkan seseorang hingga ketinggian 15.000 kaki.

Akan tetapi, pemilik perusahaan tersebut sebelumnya mengatakan kepada LA Times pada 29 September 2020 bahwa produk mereka tidak tersedia untuk penggunaan pribadi.

Mengutip BBC, 2 September 2020, David Mayman, kepala eksekutif perusahaan, berspekulasi seseorang mungkin telah mengerjakan proyek rahasia dan baru mengungkapkannya pada akhir pekan.

Atau, bisa juga penampakan yang terlihat sebelumnya adalah manekin yang diikat ke drone. (ws)