Operasi PSBB Jakarta Digelar dari Kantor hingga Perumahan

Operasi PSBB Jakarta Digelar dari Kantor hingga Perumahan
Polantas dan Satpol PP menggelar Operasi Yustisi Protokol COVID-19 di kawasan Pasar Jumat, Jakarta, Senin (14/9). (ANTARA FOTO)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - PSBB Jakarta resmi diperketat karena meningkatnya jumlah kasus corona dalam waktu yang singkat. 

Operasi Yustisi digelar guna menegakkan aturan protokol kesehatan pun digelar guna mendisiplinkan masyarakat. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan kepolisian bersama TNI dan pemerintah akan membentuk satgas di tingkat kecamatan. 

Mereka akan memiliki unit kecil lengkap yang bertugas mengawasi di wilayahnya masing-masing. 

"Caranya mempetakan dulu mana yang jadi klaster-klaster yang jadi skala prioritas untuk kita lakukan penindakan secara persuasif dan humanis," kata Yusri kepada wartawan di Jakarta, Selasa (15/9/2020). 

Sasarannya bukan hanya masyarakat umum yang ditemui di jalan. Tapi juga bisa menyasar ke perkantoran hingga perumahan. Tergantung mana yang dinilai tingkat penularan virus coronanya tinggi. 

"Contoh klaster perkantoran, kalster pasar, klaster terminal, maupun stasiun kereta. Bahkan sekarang ini sudah masuk ke klaster-klaster perumahan. Nanti tim ini akan turun ke sana," kata Yusri. 

Jika ditemukan pelanggaran di klaster-klaster tersebut maka akan dilakukan penindakan. Pemberian sanksi akan dilakukan oleh Satpol PP. 

"Dasarnya adalah Pergub 79 tentang penindakan disiplin," kata Yusri. 

Yusri berharap masyarakat kembali disiplin menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan aturan PSBB dalan Pergub 88 tahun 2020. Karena saat ini aparat akan lebih tegas dalan penegakan aturan, termasuk saat Operasi Yustisi berlangsung. 

"Memang di saat sekarang ini kita perlu memang harus tegas untuk bisa masyarakat disiplin dan patuh secara pribadi. Itu harapan pertama. Situasi pandemi lawan kita ini tidak kelihatan. Kita mengharapkan masyarakat tahu, sadar dan disiplin bahwa COVID-19 ini sudah sangat membahayakan," kata Yusri.