Lintas Daerah

Ombudsman RI DIY Pastikan Layanan Publik Normal

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan DIY memastikan pada hari pertama masuk kerja ini, seluruh layanan masyarakat yang dilakukan oleh institusi pemerintah daerah berjalan normal.

Ketua ORI Perwakilan DIY, Budi Masthuri, Kamis (21/6/2018) menegaskan, pada hari pertama masuk kerja setelah libur/cuti lebaran ini, ORI Perwakilan DIY telah menurunkan tim untuk melakukan sidak di sejumlah intansi di DIY.

“Sidak antara lain ke Puskesmas Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Puskesmas Mlati 1 Sleman, Disdukcapil Kabupaten Sleman, Kecamatan Depok, Sleman, Puskesmas Sewon 1 Bantul dan Disdukcapil Kabupaten Bantul,” katanya.

Ia mengatakan, dalam sidak itu diperoleh keterangan seluruh ASN (aparatur sipil negara)  maupun pekerja kontrak sudah masuk kerja seperti biasa, beberapa yang tidak masuk karena cuti melahirkan, tugas belajar, atau pindah/penugasan di instansi lain.

Namun demikian, ujarnya, saat melakukan sidak di Puskesmas Tegalrejo, meja pelayanan bagi peserta BPJS untuk mengisi daftar peserta BPJS yang menggunakan pelayanan, tetapi di meja tersebut baru akan ada petugas ketika pendaftarnya ramai.

“Padahal saat itu ada masyarakat yang tidak bisa melihat nomor peserta BPJS-nya karena low vision, sehingga keberadaan yang petugas jaga untuk membantu pada dasarnya diperlukan,” jelas Budi.

Sedangkan di Puskesmas Mlati Kabupaten Sleman,  sepuluh orang ASN yang menulis absensi di buku manual tidak menuliskan jam masuknya, ketika akan diverifikasi pada absensi elektronik, petugas yang memegang password tidak berada ditempat karena sedang megikuti acara Syawalan sehingga validasi absensi kesepuluh ASN tersebut belum dapat dikonfirmasi. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close