Politik

Olla Ramlan sampai Venna Melinda Diprediksi Lolos ke Senayan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Partai NasDem lolos lima besar dalam rekapitulasi sementara Pileg 2019. Banyak kader NasDem yang akan mengisi kursi DPR, seperti eks Mendag Rachmat Gobel hingga beberapa public figure seperti Olla Ramlan hingga Venna Melinda.

“Rachmat Gobel Dapil Gorontalo lolos, suaranya besar. Presentase 26%. Kayaknya yang peroleh suara paling besar di sana,” kata Sekjen NasDem Johnny G Plate dikutip dari detikcom, Kamis (9/5/2019).

Rachmat Gobel merupakan Mendag di era Kabinet Kerja Jokowi-JK (Jusuf Kalla). Namun pada 2015, pengusaha itu terkena reshuffle dan digantikan kader NasDem lainnya, Enggartiasto Lukita.

Sementara itu, Johnny juga diprediksi kembali lolos ke Senayan. Anggota Komisi XI DPR itu maju dari Dapil NTT I.

“Kayaknya begitu (masuk lagi ke DPR), perolehan suara banyak dari rekapitulasi sementara,” kata Johnny.

Ia pun menyebut putra Ketum NasDem Surya Paloh, Prananda Paloh yang maju dari Dapil Sumut I juga kembali terpilih sebagai anggota DPR.

Selain itu, mantan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi juga disebut-sebut melenggang ke Senayan lewat dapil yang sama dengan Prananda.

Johnny pun menyebut partainya sukses di Dapil Sulawesi Utara (Sulut). Menurutnya, NasDem berhasil mengamankan dua kursi di Sulut yang dua-duanya diisi oleh perempuan.

“NasDem ada 2 dari Sulut, dulu kita di Sulut nggak dapat. Felly Runtuwene dan Hillary Lasut. Untuk Jawa Barat perhitungan kami Farhan dapat,” jelas Johnny.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf ini pun menyebut ada beberapa tokoh media yang maju dari NasDem berhasil lolos ke DPR. Di antaranya Lestari Moerdijat (Jateng II), Sugeng Suparwoto (Jateng VIII), dan Charles Meikyansyah (Jatim IV).

Kemudian beberapa tokoh muda NasDem disebut Johnny akan menghiasi kompleks Parlemen. “Taufik Basari dari Lampung I, lalu Martin Manurung,” kata Johnny.

Beberapa artis yang menjadi caleg NasDem pun diprediksi lolos menjadi anggota DPR. Sebut saja seperti Olla Ramlan (Jabar IV) dan Venna Melinda (Jatim VI). Vena sendiri merupakan caleg incumbent namun sebelumnya maju dari Partai Demokrat.

“Olla Ramlan saya dikasih laporan masuk. Termasuk Venna potensi dapatnya tinggi,” jelas Johnny.

Dia mengakui akan ada banyak wajah baru di Fraksi NasDem DPR, khususnya dari kaum muda. Johnny menyebut strategi NasDem berhasil karena hasilnya cukup memuaskan pada Pileg 2019.

“Ada banyak yang baru dari NasDem. Mudah-mudahan mereka mewarnai DPR RI dengan semangat mudanya. NasDem banyak yang baru. walau bukan pemenang besar, kami di tengah tapi kami menerapkan strategi yg di luar fatsun. kayak dapil, elektabilitas berbasis dapil, bukan nasional saja digabung background mereka” ucapnya.

“Kami bekerja untuk menambah jumlah tapi kami juga perhatikan agar kualitas parlemen baik. Di daftar kami juga kombinasi, pengalaman mereka sesuai background profesi dan kompetensi mereka. Itu ditawarkan ke rakyat, nah ini hasilnya,” sambung Johnny.

Selain muda, anggota Fraksi NasDem nantinya disebut juga banyak perempuan. Johnny mengatakan, NasDem ingin meningkatkan kesadaran berpolitik bagi kaum muda dan perempuan.

“Muda dan banyak perempuan, jadi cukup banyak. Dapil Sulsel dari data sementara NasDem mungkin dapat 5 kursi, 4 di antaranya perempuan. Sulut dua-duanya perempuan,” ujarnya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close