Peristiwa

OJK: Target Inklusi Keuangan 75 Persen Tercapai

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Target tingkat inklusi keuangan Indonesia sebesar 75 persen dari jumlah populasi masyarakat Indonesia sudah tercapai pada September 2019.

Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Tirta Segara, di Jakarta, Selasa (15/10/2019) mengatakan saat ini OJK sedang memfinalisasi hasil survei inklusi keuangan dan literasi keuangan yang telah dilakukan.

Lembaga pengatur dan pengawas industri jasa keuangan tersebut mensurvei tingkat inklusi dan literasi keuangan Indonesia setiap tiga tahun sekali.

“Sampai September 2019, Alhamdullilah sudah melewati target 75 persen. Begitu juga dengan target tingkat literasi keuangan yang sebesar 35 persen, Insya Allah tercapai,” ujar Tirta Segara.

Adapun pemerintah, Bank Indonesia dan OJK menetapkan target tingkat inklusi keuangan sebesar 75 persen pada akhir 2019 sesuai Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI).

Tirta tak menampik peningkatan tingkat inklusi keuangan ditopang oleh melesatnya penetrasi ekonomi digital seperti maraknya penggunaan uang elektronik dan kegiatan belanja daring (e-commerce).

Namun, Tirta belum bisa menjabarkan secara rinci komposisi penyokong pertumbuhan tingkat inklusi keuangan.

“Tentunya produk-produk baru di sistem pembayaran dan transaksi mendorong inklusi keuangan. Nanti akan dijelaskan secara rinci setelah surveinya selesai,” ujarnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close