EkonomiPajakPeluang UsahaSaham

OJK Bentuk TPAKD Untuk Pacu Kredit Usaha Mikro

Jakarta – OJK Bentuk TPAKD. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) fokus mendorong kredit bank ke pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini dapat dilihat, dari dibentuknya Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).
Lewat TPAKD, OJK berharap dapat mengetahui pertumbuhan kredit usaha mikro di daerah lebih rinci. TPAKD juga akan menjadi acuan OJK dalam menyalurkan kredit ke UMKM.
“Di semua kantor dipasang template bagaimana mempercepat akses keuangan UMKM di daerah. Ini sedang kita bangun supaya menjadi database bagi OJK kerja sama dengan industri keuangan dan Pemda yang sekarang mempunyai TPAKD,” jelas Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Kusumaningtuti Soetiono, di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Rabu (1/6/2016).
Pertumbuhan kredit usaha mikro di Indonesia saat ini baru mencapai 17,9%. Ke depannya penyaluran kredit ke usaha mikro akan ditingkatkan lagi, mengingat ini merupakan sektor usaha yang paling banyak di Indonesia.
“Kalau yang sudah inklusi kredit baru 17,9% dari total kredit, padahal kan tadi disebutkan ini sektor prioritas harusnya ini lebih besar,” kata Kusumaningtuti.
OJK belum berani merinci target penyaluran kredit usaha mikro di tahun ini. Namun, OJK terus melakukan berbagai usaha untuk memaksimalkan penyakuran kredit UMKM dengan pemerintah ousat dan pemerintah daerah.
“Kalau target belum kita set tapi upayanya masif seluruh kantor kita kan tersebar di seluruh Indonesia dan kerjasamanya sudah lintas kementerian lembaga, karena dipimpin Kemendagri di kantor pusat. Daerah dipimpin oleh gubernur atau wali kota. Jadi betuk betul percepatan ini serius kita tindaklanjuti,” tutup Kusumaningtuti.

(wdl/wdl)

KOMENTAR
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close