Hukum

Novanto Janji Bertobat

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Terpidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto akhirnya dikembalikan ke Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Ia sebelumnya diasingkan ke Rutan Gunung Sindur, Bogor, lantaran kedapatan berkeliaran keluar lapas selama masa tahanan.

Kepala Lapas Sukamiskin, Tejo Harwanto mengungkapkan mantan Ketua DPR itu janji bertobat jika dikembalikan ke Kota Kembang.

“Salah satu pertimbangannya dia beriktikad baik, berperilaku baik, dan berjanji tidak mengulangi perbuatannya lagi,” ujarnya dikutip dari Medcom, Rabu (17/7/2019).

BACA JUGA: Dipindah ke Gunung Sindur, Novanto Tak Boleh Dibesuk Selama Sebulan

Selain janji berkelakuan baik, kata Tejo, pengembalian Novanto ke Sukamiskin berdasarkan penilaian risiko dan kebutuhan selama asesmen dari Rutan Gunung Sindur. Dalam pengasingannya, Novanto menunjukkan perkembangan baik yang memungkinkannya kembali ke Sukamiskin.

“Karenanya pemindahan dari Rutan Gunung Sindur ke Sukamiskin berdasarkan surat keputusan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat,” imbuh dia.

Tejo memastikan Novanto akan dipindahkan ke lapas atau rutan yang dinilai lebih buruk ketimbang Rutan Gunung Sindur bila kembali berulah. Hal ini untuk menimbulkan efek jera.

“Kalau bandel lagi dia bisa naik lagi, tapi di sekitaran Jawa Barat. Bisa jadi maksimum maupun medium. Jadi Novanto bisa lebih parah di Sukamiskin atau ke situ lagi,” ucap dia.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close