Internasional

Nikki Haley, Dubes AS di PBB Mengundurkan Diri

NEW YORK, SENAYANPOST.com – Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat untuk PBB Nikki Haley mundur dari jabatannya setelah hampir dua tahun memegang posisi bergengsi itu. Haley menyampaikan pengunduran dirinya kepada Presiden AS Donald Trump sebagaimana dilansir laman BBC.

Mantan Gubernur Carolina Selatan berusia 46 tahun tersebut mengatakan bahwa kemundurannya tidak bermotif politik. Namun dia tidak merinci alasan pastinya. Diketahui bahwa Haley merupakan salah satu dari sedikit pejabat perempuan di pemerintahan Trump. Haley selama ini menjadi orang yang vokal memprioritaskan kepentingan AS di PBB.

Dia juga dikenal agresif menekan PBB soal Korea Utara dan Iran. Terbukti, PBB akhirnya memberikan sanksi demi sanksi kepada negara pimpinan Kim Jong-un tersebut.

Sementara Donald Trump memuji kinerja Haley selama ini. Dia menyebut bahwa Politikus itu sudah melakukan pekerjaannya dengan hebat. Trump mengatakan akan mempertimbangkan penasihat keamanan Dina Powell untuk menggantikan Haley. Tak lama nama Ivanka Trump juga tersebut namun Donald Trump
mengatakan, akan dianggap nepotisme jika dia memberikan jabatan itu kepada Ivanka, putri sulungnya itu.

Haley saat ditanyakan kembali soal pengunduran diri hanya mengatakan bahwa dia percaya setiap pekerjaan dan jabatan ada masanya. Haley membantah dia mempersiapkan diri untuk Pemilu 2020.

“Sudah selama 8 tahun bekerja dengan intens dan saya orang yang percaya untuk masa produktif ada masanya,” kata Haley soal kariernya di elite politik.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close