Nih! Spesifikasi Mematikan Kapal Perang Arrowhead-140 yang Bakal Dibuat Indonesia 

Nih! Spesifikasi Mematikan Kapal Perang Arrowhead-140 yang Bakal Dibuat Indonesia 
Kapal Perang Arrowhead-140

JAKARTA, SENAYANPOST.com – PT PAL Indonesia resmi mendapatkan lisensi desain untuk pengadaan dua unit kapal perang Arrowhead-140 dari Rosyth Royal Dockyard Ltd (Babcock), Inggris.

Penandatangan kesepakatan lisensi dilakukan oleh CEO PT PAL Indonesia, Kaharuddin Djenod dan CEO Rosyth Royal Dockyard, David Lockwood, serta disaksikan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di London, Inggris, Kamis (16/9/2021).

Kapal ini disebut memiliki berbagai spesifikasi canggih yang dirancang sebagai alat pertahanan. Waktu pembuatannya diperkirakan selama kurun 69 bulan. “Kapal frigate juga akan dilengkapi dengan rudal sebagai bentuk sistem pertahanan udara,” dikutip dari siaran pers PT PAL Indonesia, Sabtu (18/9/2021).

Kapal tersebut memiliki peluncur rudal vertikal jarak sedang dan peluncur rudal vertikal ke udara dengan jarak jauh. Kemudian, ada pula peluncur rudal vertikal ke permukaan dengan jarak jauh. Selain itu, kapal tersebut akan memiliki mesin utama berspesifikasi 4 x 9100 kW.

Pasokan tenaga kapal tersebut mampu memacu kecepatan maksimal hingga 28 knot dengan kondisi maximum continuous rating (MCR) serta ketahanan pada 18 knot sebesar 9.000 NM.

Arrowhead-140 juga dilengkapi diesel generator 4 x 1360 kW dan emergency  diesel generator 1 x 180 kW. Untuk kemudahan manuver, kapal ini dilengkapi dengan bow thruster sebesar 925 kW.

Kesepakatan lisensi ini diharapkan dapat menambah kesiapan PT PAL dapat menambah prestasi dalam negeri terkait kemandirian produksi alutsista.