Nih! 20 Kostum Unik dan Liar di Ajang Miss Universe 2020

Nih! 20 Kostum Unik dan Liar di Ajang Miss Universe 2020
Miss Universe 2020

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Kontestan Miss Universe 2020 tampil dengan kostum nasional yang mewakili negaranya masing-masing ketika tampil di National Costume Show di Seminole Hard Rock Hotel Hollywood, Florida, AS.

Setiap kontestan berlomba untuk tampil paling unik dan berbeda, seperti menggunakan kain tipis, cape dramatis, hingga hiasan kepala yang rumit. Wakil Myanmar, Thuzar Wint Lwin, menyabet predikat kostum nasional terbaik dengan pakaian tradisional longyi yang dikenakannya.

Selain karena keunikan kostum dan hiasan kepala yang dikenakannya, perempuan berusia 22 tahun itu juga tampil di panggung sambil membawa kertas bertuliskan "Pray for Myanmar".

Berikut daftarnya:

1. Kostum pilot dan pesawat

Wakil Bahama, Shauntae Miller (28), tampil menggunakan seragam kapten pilot yang tampak berkilau dan menggunakan aksen bulu di area bahu. Namun, tak sekadar mengenakan kostum kapten, Miller juga melenggang membawa miniatur pilot dengan binatang ikoniknya, seperti ikan marlin biru dan flamingo. Melalui Instagramnya, ia mengatakan bahwa kostum tersebut untuk penghormatan terhadap Bahamasair.

2. Thailand

Miss Thailand, Amanda Obdam (27), memberikan penghormatan untuk Siamese Fighting Fish, binatang air dari negaranya. Kostum yang dikenakannya secara spesifik terinspirasi dari "Tri Rong", ikan yang dibiakkan agar menyerupai warna bendera Thailand. Detil kepala ikan ditempatkan pada bagian pinggang, sementara kain di sisi tubuhnya menyerupai sirip ikan yang berkibar cantik.

3. Bolivia

Wakil Bolivia, Lenka Nermer (24), memilih gaun dengan tampilan pelangi yang dipadukan dengan hiasan kepala baja berwarna senada. Ia juga menampilkan tarian tradisional Bolivia dengan pakaiannya. Menurut Nemer dalam Instagramnya, gaun tersebut terdiri dari 42 rok dan didesain oleh QHAPAQ_ÑAN_ART.

4. Brasil

Pakaian yang dikenakan Miss Brazil, Julia Gama (27), menggunakan gaun dengan bahan kain tipis dan berkilau yang menutupi area bikini. Ia memadukan bodysuit berani tersebut dengan ekor mengembang yang terdiri dari bola-bola seperti kapas. Kostum tersebut diketahui merupakan hasil desain Atelier Michelly.

5. Kamerun

Wakil Kamerun, Kossinda Angele (28), mengenakan pakaian two-piece dengan jubah dan hiasan kepala yang begitu rumit, keduanya dihiasi dengan wajah singa. Pakaian yang didesain oleh Kennedy Jhon Gasper itu menyertakan singa sebagai binatang nasional Kamerun.

6. Kanada

Aktris dan model Nova Stevens (26) sebagai wakil Kanada menggunakan bodysuit lapis baja dengan daun maple di atasnya dan sepatu bot yang serasi. Seakan melengkapi penampilannya yang tampak heroik, Stevens memadukan pakaian tersebut dengan aksesori perisai berlogo hati di atasnya. Alex Castro, yang mendesain pakaian tersebut, menjelaskan melalui Instagram bahwa pakaian tersebut terinspirasi dari figur pahlawan super, dengan pakaian yang melambangkan perjuangan untuk tujuan kemanusiaan.

7. Kepulauan Cayman

Wakil Kepulauan Cayman, Mariah Tibbetts (27) mengenakan gaun dengan perpaduan warna jingga dan biru, dengan potongan yang tampak berani. Namun, bagian yang mencuri perhatian adalah hiasan kepala ombre yang dikenakannya. Danielle Alexis adalah sosok yang merancang busana bertema "kisah matahari terbenam" itu.

8. Ekuador

Pakaian yang dikenakan Miss Ecuador, Leyla Espinoza Calvache (24) terinspirasi dari sebuah festival yang begitu identik dengan negaranya. Menurut Instagram miliknya, perancang pakaian Andrea Segarra mengambil inspirasi secara speisifk dari Inti Raymi, sebuah festival Inca kuno.

9. El Salvador

Influencer dan model Vanessa Velásquez (25) sebagai wakil El Salvador mengenakan pakaian yang terinspirasi dari bunga dengan atasan yang tampak memesona, celana ketat, dan hiasan kepala berbentuk bunga besar. Pakaian ini dirancang oleh Francisco Guerrero.

10. Finlandia

Wakil Finlandia, Viivi Altonen (24) mengenakan gaun putih glow in the dark (menyala dalam gelap). Gaun tersebut dirancang oleh Tobias Tommila dan merepresentasikan kemajuan Finlandia sebagai sebuah negara.

11. Haiti

Melalui kostumnya, Eden Berandoive (24) yang mewakili Haiti memberika penghormatan kepada Citadelle Laferrière, benteng pegunungan di pantai utara pulau di kepulauan Haiti. Ini terlihat lewat detil hiasan kepala yang menyertakan aksen menyerupai pohon.

12. Honduras

Miss Honduras, Cecilia Rossell (25) mengenakan pakaian emas berkilau yang begitu dramatis dengan hiasan kepala bulu sebagai penghormatan Dewi Bulan Jaguar dari budaya Maya kuno.

13. Irlandia

Wakil Irlandia, Nadia Sayers (26) mengenakan kostum peri yang terdiri dari 700 kupu-kupu dan capung yang dilukis dengan tangan. Meski terlihat sederhana, gaun minimalis dengan dominasi warna emas tersebut tetap menunjukkan keanggunana pemakainya.

14. Mauritius

Miss Mauritius, Vandana Jeetah (29) "membawa" laut ke panggung Miss Universe melalui gaun dengan detil laut yang dilukis dengan tangan dan hiasan kepala berwarna jingga cerah. Hiasan kepala tersebut melambangkan matahari.

15. Meksiko

Wakil Meksiko yang juga pemenang Miss Universe 2020, Andrea Meza (26) tampil begitu memesona dengan balutan bodysuit warna-warni lengkap dengan sayap dan hiasan kepala bulu berwarna senada. Membuatnya tampil begitu festive dari ujung kaki ke ujung kepala.


16. Nepal

Miss Nepal, Anshika Sharma (24) mengenakan jaket putih untuk menghormati Sherpa yang legendaris dari negaranya. Sherpa dianggap sebagai pemandu ekspedisi Gunung Everest sejak lama. Kostum yang dikenakannya juga menampilkan bendera doa, yang dapat ditemukan di kamp Everest.

17. Nikaragua

Wakil Nikaragua, Ana Marcelo (24) tampak seperti ratu hutan dengan kostum menakjubkan yang diberi tajuk "La Gritería en León" atau teriakan singa. Hiasan yang menampilkan wajah singa tersampir di bagian punggungnya, membuatnya tampak agung ketika membalikkan badan.

18. Panama

Wakil Panama, Carmen Jaramillo (26), menutupi badannya dengan kerang berkilau dan pakaian jaring. Kostum ini diberi tajuk "La Niña, La Pinta, y La Santa María", dinamai sama dengan nama kapal Christopher Colombus.

19. Paraguay

Vanessa Castro Guillén (28) yang merepresentasikan Paraguay mengenakan bodysuit dan topi baja berwarna perak dan merah yang berkilau. Dikabarkan bahwa hiasan kepala dengan besi dan batu tersebut memiliki berat lebih dari 9 kg.

20. Puerto Rico

Miss Puerto Rico, Estefanía Natalia Soto Torres (29) menuangkan lambang-lambang zodiak ke dalam kostum nasionalnya. Ini ditampilkan lewat gaun ungu metalik, jubah emas, dan celana ketat yang berkilau.