Neymar Bikin Panas Hubungan Barcelona dan PSG, Kenapa?

Neymar Bikin Panas Hubungan Barcelona dan PSG, Kenapa?
Neymar

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Hubungan transfer antara Barcelona dan Paris Saint-Germain sempat terbilang mesra. Namun kemudian hubungan tersebut panas akibat transfer Neymar ke PSG pada 2017.

Dalam kiprah kedua klub, Barcelona dan PSG beberapa kali melakukan transfer pemain. Salah satu yang paling dikenang tentu adalah kepindahan Ronaldinho dari PSG ke Barcelona di awal musim 2003/2004.

Pilihan Barcelona merekrut Ronaldinho jadi awal kebangkitan mereka usai sulit bersaing di awal era 2000-an. Ronaldinho pula yang jadi mentor terbaik bagi Lionel Messi yang akhirnya berkembang jadi pemain terbaik sepanjang masa Barcelona.

Selain Ronaldinho, ada pula Maxwell yang pergi dari Barcelona menuju PSG dan membela tim tersebut dalam kurun 2012-2017. Maxwell jadi bagian penting dominasi PSG di Ligue 1 pada era 2010-an.

Hubungan panas kedua tim lalu terjadi di 2017. Barcelona awalnya dikabarkan berminat merekrut Marco Verratti. PSG tak senang dengan tindakan tersebut memberikan balasan yang menyakitkan.

PSG justru berhasil membajak Neymar lewat status pemain termahal di dunia dengan nilai 222 juta euro. Angka tersebut dua kali lipat lebih mahal dari rekor transfer sebelumnya yang dipegang Paul Pogba setahun sebelumnya.

Hubungan Barcelona dan PSG pun memanas lantaran hal ini karena kepergian Neymar menyisakan sejumlah sengketa termasuk tuntutan soal bonus Neymar yang belum dibayarkan.

Setelah kepergian Neymar, Barcelona mulai menunjukkan penurunan karena mereka hanya tinggal mengandalkan Luis Suarez dan Lionel Messi di lini depan. Philippe Coutinho, Ousmane Dembele, dan Antoine Griezmann yang diplot sebagai pengganti Neymar tidak bisa memberikan kontribusi sepadan.

Harapan Messi agar Barcelona bisa mengembalikan Neymar ke Camp Nou pun terganjal sejumlah persoalan, termasuk beberapa hal soal uang bonus yang sebelumnya dipermasalahkan.

Alih-alih mengembalikan Neymar ke Camp Nou, isu terkini justru PSG yang bertekad membajak Lionel Messi. Kontrak Messi di Barcelona bakal habis di akhir musim dan PSG jadi salah satu klub yang punya kapasitas membayar gaji Messi.