Lintas Daerah

New Normal Zona Biru dan Hijau di Jabar Mulai 1 Juni

BANDUNG, SENAYANPOST.com — Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Emil) mengatakan pihaknya akan menerapkan new normal atau pola kenormalan baru mulai Senin tanggal 1 Juni mendatang.

New normal ini, lanjut Emil, khusus untuk wilayah tertentu. Pihaknya juga akan mensosialisasikan new normal tersebut pada pekan-pekan ini kepada masyarakat.

“Sosialisasi mulai sekarang, media harus bantu kami bela negara dengan menjadi tim yang mengedukasi, dimulainya hari Senin (1 Juni),” kata Emil, di Bandung, Rabu (27/5/2020).

Menurutnya penerapan relaksasi ini hanya akan diterapkan pada daerah yang level kewaspadaannya berkategori biru dan hijau dalam skala mikro bukan satu daerah kota atau kabupaten.

“Jadi ini hanya di zona yang sudah masuk kategori biru dan hijau di skala mikro, contoh Bekasi kan masih zona merah tapi mal Summarecon di zona hijau, artinya di lokasi kelurahan itu hijau dia boleh sebelahnya ada mal di zona merah gak boleh,” tuturnya.

Menurutnya hal ini berlaku juga untuk zona biru atau zona hijau di level kelurahan-kelurahan, Kota Bandung pun menurut dia akan melakukan itu.

“Memang rumit harus dicek dulu tapi logikanya yang hitam dan merah tidak boleh ke kuning, biru, dan hijau. Intinya, kita tidak lagi melakukan manajemen skala makro, jadi sudah diputuskan tadi bahwa mulai Minggu ini manajemen kita skala mikro,” katanya.

Dengan penerapan skala mikro ini Ridwan Kamil mengatakan tindakan di lapangan akan sangat ditentukan aparat di bawah.

“Jadi pertanyaan nanti tidak boleh lagi provinsi bagaimana dan kota bagaimana karena sudah gak relevan. Di masa berikut, relevannya adalah kita bicaranya di level detil itu,” katanya.

Ridwan Kamil berjanji akan merilis daftar kelurahan yang akan menerapkan new normal pada publik. Bersandar pada data ilmiah pihaknya mengaku menjadi pijakan penting dalam menetapkan keputusan. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close