Lintas Daerah

Nelayan Diminta Waspadai Gelombang Tinggi di Pantai Selatan

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Nelayan di pantai selatan Daerah Istimewa Yogyakarta diminta waspada potensi terjadinya gelombang tinggi dan angin kencang di perairan Samudera Hindia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Yogyakarta memprediksikan gelombang tinggi di perairan laut selatan Yogyakarta dapat mencapai 2,5-4 meter.

Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta, Djoko Budiono, Minggu (21/10/2018) mengatakan gelombang tinggi ini dapat berlangsung hingga Rabu (24/10/2018) mendatang.

“Gelombang tinggi ini diperkirakan akan berlangsung hingga 24 Oktober 2018. Peringatan dini terkait gelombang tinggi itu telah disampaikan ke seluruh instansi di DIY,” jelasnya.

Mengacu rata-rata tinggi gelombang normal, menurut dia, biasanya hanya mencapai 2 meter. Meningkatnya tinggi gelombang tersebut dipicu oleh kecepatan angin di laut selatan yang meningkat mencapai 6-10 knot.
Dikatakan peningkatan kecepatan angin yang memicu gelombang tinggi disebabkan oleh munculnya fenomena tekanan udara rendah di sekitar Australia. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close