Olahraga

Nasib Sapu Tangan Kontrak Pertama Lionel Messi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Karier bintang sepak bola dunia Lionel Messi di Barcelona berawal dari kontrak di selembar kain kecil yang biasa menjadi pengusap mulut atau sapu tangan pada 2000.

Sapu tangan tersebut kini menjadi dokumen paling penting dalam sejarah sepak bola. Kontrak Messi ditandatangani pihak Barcelona pada 2000 di kain tersebut.

Setelah 18 tahun berlalu, sapu tangan tersebut saat ini berada di tangan seorang Horacio Gaggioli. Ia merupakan penghubung Messi yang berada di Spanyol pada saat penandatangan kontrak tersebut terjadi.

Gaggioli yang kini menjadi agen gelandang Real Madrid Marco Asensio, saat ini tinggal di Andorra. Sementara sapu tangan Messi tersimpan dalam sebuah brankas bank Credit Andorra.

Gaggioli telah menerima banyak tawaran dari jutawan di seluruh dunia untuk mendapatkan sapu tangan kontrak Messi itu. Meski demikian, ia berencana untuk tidak menjualnya.

“Saya pikir sapu tangan tersebut harus berada dalam museum Barcelona. Selembar kain itu mengubah sejarah modern klub itu. Saya pikir seharusnya sapu tangan itu ada di sana (museum Barcelona), di tempat istimewa dekat gelar Ballon d’Or Messi,” kata agen pemain ini dilansir dari Marca.

Beberapa tahun lalu, pihak museum menghubungi Gaggioli. Niat untuk memajang sapu tangan tersebut di museum sampai saat ini masih sekadar angan-angan.

Pasalnya, pihak klub memberitahu Gaggioli bahwa sapu tangan itu merupakan sebuah kontrak rahasia. Pihak Barca tidak ingin mempublikasikannya hingga Messi pensiun atau meninggalkan klub asal Spanyol itu.

Messi Memikat Barcelona di Usia 13 Tahun

Messi dikontrak akademi Barcelona dari Newell’s Old Noys ketika berusia 13 tahun. Anak muda ini memukau semua orang dengan permainan bola kaki.

Joan Gaspar, presiden Barcelona saat itu, berpikir mengontrak Messi adalah sebuah risiko. Akan tetapi, Gaggioli ‘mengancam’ Barca dengan niat menawarkan Messi ke klub lain yakni Real Madrid.

Kurang lebih tiga bulan sejak pertemuan pertama pihak Barca dengan Messi, Gaggioli bermain tenis bersama Sekretaris Teknis Barcelona, Carles Rexach, di klub Pompeia del Montjuic pada 14 Desember 2000. Setelah bermain tenis, mereka makan siang di kafetaria klub.

Dalam makan siang tersebut, sepeprti dikutip cnnindonnesia, Gaggioli ditemani Josep Maria Minguella, agen yang dikenal berpengalaman banyak membawa pemain bagus ke Barcelona. Gaggioli dan Minguella menekan Rexach untuk membuat keputusan tentang seorang pemuda dengan talenta menjanjikan bernama Messi.

Adalah Rexach yang kemudian mengeluarkan sapu tangan dan menulis:

“Di Barcelona, pada 14 Desember 2000 dan di tengah kehadiran tuan-tuan Minguella dan Horacio, Charles Rexach, Sekretaris Teknis FCB berkomitmen di bawah tanggung jawabnya dan meskipun ada beberapa pendapat terhadap penandatanganan pemain Lionel Messi selama kami mempertahankan jumlah yang disepakati.”

Sapu tangan itu ditandatangani Rexach, Minguella, dan Gaggioli. Sepekan kemudian, Messi mendapat dokumen resmi dan kemudian memulai cerita sukses di Barcelona. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close