Internasional

NASA Temukan Logo Star Trek di Permukaan Mars

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menemukan jejak serupa logo Startfleet di bukit pasir di permukaan Mars. Startfleet merupakan organisasi eksplorasi luar angkasa, diplomasi, dan penjaga perdamaian dalam serial fiksi ilmiah Star Trek.

Peneliti dari University of Arizona pertama kali menemukan jejak pasir di area bernama Hellas Planitia, sebuah daratan luas yang berada di cekungan Hellas di bagian selatan Mars.

Kendati demikian, tim peneliti memastikan jika bentuk bukit pasir tersebut hanya sebuah kebetulan. Sebelumnya, tim peneliti juga sempat menemukan bukit pasir menyerupai bulan sabit besar.

“Pengamat yang giat melakukan penemuan fitur-fitur ini tampak mencolok seperti logo terkenal. Namun, itu hanya sebuah kebetulan,” terang tim peneliti seperti dilansir Space.

Tim peneliti menangkap fenomena ini melalui kamera HiRISE (High Resolution Imaging Science Experiment) yang terpasang di wahana antariksa milik NASA, Mars Reconnaissance Orbiter (MRO). MRO dikirim pada 2005 dan mulai dipakai untuk mengamati Mars sejak 2006.

Kamera HiRISE dibekali teleskop yang bisa mengabadikan sekitar 50 ribu gambar permukaan Mars per tahun.

Mengutip Live Science, bukit pasir di Mars memiliki sejarah panjang yang merupakan hasil interaksi lava dan angin. Bukit pasir ini semula berbentuk bulan sabit yang memungkinkan angin dan permukaan Mars saling berinteraksi hingga pada suatu titik ada letusan.

Letusan lava kemudian mengalir keluar dari daratan dan sekitar gundukan pasir. Lava memadat, namun bukit pasir masih menjulur menyerupai pulau.

“Akhirnya tumpukan pasir yang berupa bukit pasir bermigrasi, meninggalkan ‘jejak kaki’ ini di dataran lava atau juga disebut “gundukan gips” dan merekam keberadaan bukit pasir yang dikelilingi oleh lava,” terang NASA, seperti dikutip cnnindonesia. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close