NASA Klaim Bumi Bakal Aman dari Serangan Asteroid Selama 100 Tahun

NASA Klaim Bumi Bakal Aman dari Serangan Asteroid Selama 100 Tahun
Asteroid

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Badan Antariksa AS, NASA, mengatakan Bumi akan aman dari ancaman asteroid dalam seabad ke depan.

Associated Press melaporkan NASA mengumumkan minggu ini bahwa pengamatan teleskop baru telah mengesampingkan kemungkinan Apophis menghantam Bumi pada tahun 2068.

Apohis adalah batuan antariksa setinggi 340 meter yang sebelumnya diperkirakan akan mendekati Bumi pada tahun 2029 dan 2036. NASA mengesampingkan kemungkinan terjadinya benturan pada dua kejadian tersebut beberapa waktu lalu. Namun potensi tabrakan 2068 masih membayangi.

Pertama kali terdeteksi pada tahun 2004, Apophis sekarang secara resmi dikeluarkan dari "daftar risiko" asteroid NASA.

"Tabrakan tahun 2068 sudah tidak mungkin lagi, dan perhitungan kami tidak menunjukkan risiko tabrakan setidaknya untuk 100 tahun ke depan," kata Davide Farnocchia dari Pusat Studi Objek Dekat-Bumi NASA, dalam sebuah pernyataan, Jumat (26/3).

Para ilmuwan berhasil memperinci orbit Apophis sekeliling matahari berkat pengamatan radar awal bulan ini, ketika asteroid melintas dalam jarak 17 juta kilometer.

Apophis akan berada pada jarak 32 ribu kilometer pada 13 April 2029, sehingga memungkinkan para astronom untuk bisa mengamatinya secara lebih cermat.