Nadiem Sebut 29 Juta Siswa Terima Program Kuota Internet Gratis hingga Oktober 

Nadiem Sebut 29 Juta Siswa Terima Program Kuota Internet Gratis hingga Oktober 
Nadiem Makarim

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Mendikbud Nadiem Makarim dan jajarannya mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR, Senin (16/11). Dalam rapat tersebut, Kemendikbud memaparkan perkembangan program pemberian kuota internet gratis.

Sekjen Kemendikbud Ainun Na'im mengatakan, hingga Oktober penerima program kuota belajar internet gratis berjumlah 35,5 juta. Terdiri dari siswa, guru, mahasiswa, dan dosen.

"Siswa ada 29,6 juta, guru 1,9 juta, mahasiswa 3,8 juta dan dosen 166 ribu lebih," ujar Ainun.

Ainun melanjutkan baik siswa maupun guru mengaku merasakan manfaat dari program kuota internet gratis ini. Misalnya, ada siswa yang mengaku tak lagi menemukan masalah saat harus mendownload video untuk proses belajar.

"Guru juga menyampaikan kuota sangat bermanfaat dan dengan bantuan ini semakin jarang mendapatkan komplain dari orang tua dan peserta didik. Banyak hadir secara virtual," kata Ainun.

Namun, Kemendikbud juga masih mencatat beberapa kekurangan dari program ini. Misalnya, sinyal internet tidak stabil, jumlah kuota yang dianggap masih minim, Masalah lain misalnya pembagian kuota internet tak merata.

"Kemudian tak semua peserta didik memiliki handphone, kurang fasilitas dari kampus, masalah sosialisasi. Kemudian ada kesalahpahaman dengan penyediaan internet oleh provider dengan skema-skema lain seolah-olah dari pemerintah padahal itu dari provider," jelas dia.

Lebih lanjut, Ainun menjelaskan, Kemendikbud juga telah melakukan upaya bagi wilayah yang belum memiliki infrastruktur internet yang memadai. Misalnya, Kemendikbud mengirim modul berupa buka dan USB untuk dibagikan ke peserta didik.