Nadiem Geram Sekolah di Zona Hijau Belum Gelar Belajar Tatap Muka

Nadiem Geram Sekolah di Zona Hijau Belum Gelar Belajar Tatap Muka
Mendikbud Nadiem Makarim

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Beberapa sekolah yang berada di zona hijau sudah bisa menggelar kegiatan belajar mengajar secara tatap muka.

Meski sudah diizinkan untuk kegiatan belajar mengajar tatap muka, tidak semua sekolah di zona hijau telah melakukannya.

"Ini membuat saya khawatir, daerah zona hijau dan kuning, banyak zona hijau dan kuning dua bulan sudah boleh tatap muka, masih belum melakukan," katanya saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi X DPR, Senin (16/11/2020).

Bahkan, sempat ada yang berbicara langsung kepadanya, meminta agar zona hijau bisa diberlakukan sekolah tatap muka. Fakta ini sempat membuatnya berang.

"Saya sempat terkejut dan marah. Padahal sudah diperbolehkan. Mohon Komisi X DPR RI menekan, kenapa belum tatap muka. Padahal kepala sekolah maupun orang tua sudah mau," kata dia.

Sementara itu, terkait sekolah tatap muka di zona selain hijau, saat ini masih terus dilakukan kajian. Kemendikbud akan melakukan analisis dan kajian Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 kementerian lainnya.

"Prioritas saya mengembalikan anak-anak kembali ke sekolah seaman mungkin. Prioritas bagi yang sulit PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) untuk bisa melakukan format tatap muka. Mohon ditunggu, nanti ada kebijakannya," urainya.

Sebelumnya, Nadiem juga menyarankan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur, mulai menyelenggarakan sekolah tatap muka. Alasannya daerah ini banyak zona hijau Covid-19.

Dia mengungkapkan Kabupaten Rode Ndao bisa menyelenggarakan sekolah tatap muka dengan syarat tetap menjalankan protokol kesehatan, yaitu menjaga jarak, memakai masker dan rajin cuci tangan.

"Supaya protokol kesehatan bisa dijalankan dengan baik pada saat belajar tatap muka di sekolah, maka siswa yang masuk maksimal 50% saja dari kapasitas sekolah," kata Nadiem.