Pendidikan

Nadiem: Biaya Pendidikan di RI Tidak Mungkin Turun

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengungkapkan, biaya pendidikan di Indonesia tidak akan mungkin mengalami penurunan. Hal tersebut karena pelajar di Indonesia mengalami peningkatan tiap tahunnya.

Diketahui, biaya pendidikan memang kerap kali memberikan sumbangan terhadap inflasi pada masa tahun ajaran baru. Namun, ketika masa itu berakhir, biaya pendidikan justru menyumbang deflasi.

“Saya rasa penurunan biaya pendidikan secara keseluruhan itu tidak mungkin. Karena jumlah siswa kita akan selalu meningkat dan lain-lain,” katanya di Kementerian Keuangan, Jakarta.

Di sisi lain dia menilai, biaya pendidikan di Indonesia terbilang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Meski begitu, dia tidak menyebutkan secara spesifik besaran perbedaan biaya tersebut.

“Malah kita kalau dibandingkan negara-negara dari sisi pembiayaan pendidikan kita masih tidak sebesar negara-negara lain per muridnya,” tegasnya.

Selain itu dia mengingatkan, pemerintah telah menyediakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) setiap tahunnya. Dana itu bersumber langsung dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

‚ÄúTapi yang sudah pasti yang penting itu sebenarnya efektifitas dari setiap rupiah yang dikeluarkan apakah akan lebih berdampak dari apa yang kita inginkan,”tuturnya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close