Features

Murok Jerami, Tradisi Unik di Bangka Tengah

BABEL, SENAYANPOST.com – Murok Jerami merupakan salah satu tradisi unik yang ada di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Murok Jerami yang digelar warga Desa Namang ini berupa adat tradisi jamuan makan usai panen raya padi yang sudah turun temurun dilakukan warga setempat.

Murok Jerami kegiatan musyawarah mufakat masyarakat yang dipimpin ketua adat bersama toko adat dan toko masyarakat bersama sama bergitong royong memetik, memanen, dan memilih bibit padi unggul untuk ditanam pada masa tanam berikutnya.

“Kegiatan ini harus diadakan setiap tahun. Karena makna yang dipetik dari kegiatan ini sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT,” kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh, saat membuka acara itu di Desa Namang, Senin (23/4/2018).

Menurutnya, tradisi Murok Jerami ke depan harus dikemas dengan baik. Sehingga menjadi tradisi yang memiliki nilai budaya positif di masyarakat.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Tengah, Zainal mengatakan, tahun ini kegiatan Murok Jerami diselenggarakan langsung oleh dinas yang dipimpinnya.

“Baru tahun ini Murok Jerami diselenggarakan oleh Disbudparpora. Selama ini kegiatan tradisi ini diselenggarakan pihak desa bersama masyarakat,” katanya.

Dikatakannya, kegiatan murok jerami ini diselenggarakan pihak Disbudparpora agar lebih meriah, penuh kreasi dan inovasi sehingga bisa menarik wisatawan. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close