Internasional

Munoz Dipenjara 43 Tahun Gara-gara Bunuh Bek Timnas Kolombia

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Humberto Castro Munoz divonis 43 tahun penjara karena membunuh pemain belakang timnas Kolombia Andres Escobar.

Pembunuhan itu diduga terkait gol bunuh diri yang dilakukan Escobar pada Piala Dunia 1994 saat berhadapan dengan tuan rumah Amerika Serikat di fase Grup A.

Karena gol bunuh diri Escobar menit ke-35 itu timnas Kolombia menelan kekalahan 1-2. Padahal, timnas Kolombia sangat membutuhkan kemenangan untuk menjaga peluang lolos ke babak berikutnya setelah kalah 1-3 dari Rumania di laga sebelumnya.

Dalam laga melawan Amerika Serikat, Kolombia tertinggal lebih dulu melalui gol bunuh diri Escobar menit ke-35. Amerika Serikat menambah keunggulan berkat gol Earnest Stewart (52′). Kolombia hanya bisa memperkecil kedudukan dengan gol dari Adolfo Jose Valencia menit ke-90.

Dengan kekalahan itu, seperti diwartakan cnnindonesia.com, tim berjuluk Los Cafateros itu pun akhirnya gagal lolos ke babak berikutnya setelah menempati posisi juru kunci klasemen akhir grup.

Akibat kekalahan Kolombia tersebut, Munoz mengalami kerugian usai bertaruh uang yang cukup besar. Ketika itu Munoz memprediksi timnas Kolombia bisa meraih kemenangan dan lolos ke babak selanjutnya.

Insiden mengenaskan itu terjadi di parkiran mobil sebuah bar, di wilayah Kota Medellin, Kolombia. Tiga orang pria dan satu perempuan secara misterius mendatangai Escobar. Mereka berdebat dan menyalahkan pemain kelahiran Medellin itu tentang gol bunuh diri yang dibuatnya di Piala Dunia.

Tidak lama dua orang pria mengeluarkan pistol, lalu menembak Escobar sebanyak enam kali. Escobar segera dilarikan ke rumah sakit, namun akhirnya dinyatakan meninggal dunia 45 menit kemudian.

Dikutip dari thoughtco.com, Humberto Munoz dijatuhi hukuman setelah mengakui perbuatannnya melakukan pembunuhan. Munoz merupakan pengawal salah satu anggota kartel kuat di Kolombia.

Escobar terhitung telah mengoleksi tujuh kali penampilan membela Kolombia di Piala Dunia, bersama Leonel Alvarez dan Luis Herrera.

Kolombia sendiri tercatatat baru lima kali tampil Piala Dunia, tiga di antaranya mentok di fase grup, satu di babak 16 besar, dan puncaknya Kolombia mampu mencapai babak perempat final di Piala Dunia 2014. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close