Internasional

Mundur dari Alibaba, Jack Ma Tetap jadi Orang Terkaya di China

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Walaupun sudah mundur dari perusahaan yang dirintisnya, yakni Alibaba, namun Jack Ma tetap menjadi orang terkaya di China pada tahun ini. Hal ini terungkap dari daftar orang terkaya di China atau China’s Richest 2019 yang diterbitkan majalah Forbes, Kamis (7/11/2019).

Berikut 10 orang terkaya di China yang masuk ke dalam China’s Richest 2019 versi Forbes.

1. Jack Ma (US$38,2 miliar)

Pria yang baru-baru ini mengundurkan diri dari Alibaba kembali menjadi orang terkaya di China. Alih-alih kekayaannya turun karena keluar dari Alibaba, kekayaan Ma justru naik menjadi US$38,2 miliar dari US$34,6 miliar pada tahun lalu.

Awalnya, Ma hanyalah seorang guru Bahasa Inggris, namun bisa menyulap dirinya menjadi salah satu founder perusahaan raksasa di dunia.

Jack Ma: Pebisnis Tak Punya Rasa Takut, Kompetitor yang Seharusnya Takut

2. Ma Huateng (US$36 miliar)

Huateng merupakan CEO Tencent Holdings yang sudah turut mendirikan Tencent sejak 1998 lalu. Aplikasi WeChat menjadi salah satu produk Tencent yang saat ini sudah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna.

Kekayaannya mencapai US$36 miliar. Meski Huateng dinobatkan sebagai orang terkaya kedua di China, Dia terkenal dengan style nya yang low profile.

3. Hui Ka Yan (US$27,7 miliar)

Hui Ka Yan adalah seorang Chairman di Evergrande Group, salah satu developer perumahan terbesar di China. Sebelumnya, Hui cuma seorang teknisi di pabrik selama 10 tahun setelah lulus kuliah.

4. Sun Piaoyang (US$25,8 miliar)

Sun Piaoyang merupakan Chairman dari Jiangsu Hengrui Medicine. Dengan bermodalkan kekayaan sebesar US$25,8 miliar, cukup menaikkan peringkatnya ke posisi 4 orang terkaya di China.

Menariknya, Sun sudah menjadi salah satu pimpinan di Jiangsu Hengrui sejak tahun 1990 ketika usianya masih 32 tahun.

sun piaoyang

5. Yang Huiyan dan Keluarga (US$23,9 miliar)

Yang Huiyan memiliki 57% saham dari developer perumahan raksasa Country Garden Holdings. Sebagian besar sahamnya berasal dari Ayahnya yaitu Yeung Kwok Keung yang Dia berikan pada 2007 silam.

Hanya berbekal lulusan sarjana di Ohio State University, Yang bisa menjadi orang terkaya di China kelima dengan kekayaan sebesar US$23,9 miliar.

6. He Xiangjian (US$23,2 miliar)

He Xiangjian merupakan seorang pengusaha yang melahirkan Midea Group. Anaknya, He Jianfeng menjadi petinggi di perusahaannya sendiri, yaitu Midea Group dan Midea Real Estate Holding.

Kekayaannya yang mencapai US$23,2 miliar membuatnya menduduki posisi keenam orang terkaya di China.

He Xiangjian

7. Colin Zheng Huang (US$21,2 miliar)

Coling Huang adalah Chairman dan CEO dari salah satu e-commerce raksasa China Pinduoduo. Dia merupakan lulusan S2 Ilmu Komputer dari University of Wisconsin.

Dengan bermodal kekayaan US$21,2 miliar, cukup untuk membuatnya menduduki posisi ketujuh orang terkaya di China.

8. William Lei Ding (US$17,2 miliar)

CEO Netease William Ding memiliki kekayaan US$17,2 miliar. Perusahaannya merupakan partner dari Mojang, Microsoft, hingga Blizzard.

william

9. Qin Yinglin dan keluarga (US$16,6 miliar)

Chairman Muyuan Foodstuff Qin Yinglin lahir di Neixiang County, Henan. Awalnya, Qin mengawali bisnisnya setelah lulus kuliah dengan bermodalkan 22 ekor babi.

Selanjutnya, Dia memiliki kekayaan sebanyak US$16,6 miliar dan mencapai posisi kesembilan di China’s Richest 2019.

10. Zhang Yiming (US$16,2 miliar)

Zhang adalah petinggi di Beijing ByteDance. Pada tahun lalu, perusahaannya meraih kekayaan bersih mencapai US$75 miliar.

Zhang memiliki kekayaan sebesar US$16,2 miliar dan jadi orang terkaya kesepuluh di China.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close