Mulai 8 Oktober, Bandara Banyuwangi Layani Rute Malaysia PP

Mulai 8 Oktober, Bandara Banyuwangi Layani Rute Malaysia PP

BANYUWANGI, SENAYANPOST.com – Warga Jatim kawasan timur yang ingin terbang ke Malaysia bisa langsung lewat bandara Banyuwangi. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyatakan Bandara Banyuwangi akan resmi membuka international flight atau penerbangan ke luar negeri. Penerbangan pertama itu akan melayani rute Malaysia-Banyuwangi dan sebaliknya.

“8 Oktober, insya allah international flight akan terealisasi,” kata Anas di Banyuwangi, Senin (23/7/2018).

Menurut Bupati Anas, Citilink secara resmi telah mengirim surat.

“Per 8 Oktober itu Citilink, yang lain NAM Air sedang menjajaki dengan China, dan nanti tanggal 24 Juli, tim NAM Air juga akan datang ke sini,” jelasnya.

Sementara satu lagi maskapai yang rencananya juga akan membuka international flight ke Kota Gandrung ini.

“Air Asia rencananya akan menuju ke Singapore. Bahkan, Oktober atau setelahnya, Angkasa Pura akan mendorong penerbangan dari Darwin (Australia) ke Banyuwangi,” terangnya.

Sejauh ini, kata Anas, pengembangan bandara Banyuwangi tetap berjalan. Beberapa infrastruktur pendukung telah siap.

“Saya diminta untuk bertulis surat ke Angkasa Pura, dan tadi suratnya sudah saya tanda tangani, besok akan saya kirimkan ke Jakarta, sehingga Minggu pengembangan bandara tetap jalan,” katanya.

Sementara ini, Bandara Banyuwangi melayani sebanyak 18 kali jadwal penerbangan. Baik dari Surabaya-Banyuwangi maupun Jakarta-Banyuwangi. (AF)