Teknologi

Mulai 2021, Beli Samsung Galaxy Anyar Tak Disertai Charger, Ini Alasannya

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pembeli smartphone Samsung Galaxy dipastikan tidak akan mendapat perangkat charger di dalam kotak untuk pembelian. Hal ini disebut bakal terjadi mulai 2021 mendatang.

Melansir Engadget, Samsung mengeluarkan kebijakan ini karena banyak orang yang telah memiliki charger, dan hal ini dapat mengurangi biaya produksi.

Hal ini tak cuma bakal membuat harga smartphone jadi sedikit lebih murah, keputusan ini juga akan lebih ramah lingkungan, karena pengguna akan memakai ulang charger lama mereka.

Keputusan ini bukan pertama kali dirumorkan, sebelumnya Apple juga dilaporkan membuat keputusan serupa. Bahkan, hal ini mungkin akan diaplikasikan untuk smartphone terbarunya, yakni iPhone 12 Series.

Berdasarkan laporan dari analis Apple terkemuka Ming-Chi Kuo yang dikutip Engadget, setelah iPhone 2020 dipastikan tak menyertakan earphone berkabel, charger juga tidak akan dicantumkan.

Meski demikian, Anda hanya tidak akan mendapatkan kepala charger yang merupakan adaptor daya. Anda tetap bakal mendapatkan kabel pengisian daya 20W yang lebih baik ketimbang kabel besutan tahun lalu.

Hal senada juga dilontarkan analis Barclays, yang menyebut bahwa Apple tak akan lagi membundel charger di dalam kotak.

Menurut Kuo, alasan utama Apple tak lagi masukkan charger ada dua. Pertama untuk memotong biaya produksi, mengingat harga iPhone kali ini lebih tinggi dengan fitur baru dan juga konektivitas 5G.

Kedua, Apple juga kini lebih perhatian ke isu lingkungan. Apple jadi objek kritikan dari para pegiat lingkungan karena memasukkan charger. Padahal setiap orang pasti memiliki charger dari perangkat ponsel lamanya.

Bahkan dari survey banyak perilaku pengguna yang menggunakan PC atau laptop untuk mengecas. Jadi murni hanya kabel yang dibutuhkan. Hal kecil ini membuat sampah elektronik sedikit berkurang.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close