Politik

MPR: Tanpa Kesepakatan, Amandemen Bisa Liar

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Wakil Ketua Umum DPP PPP Arwani Thomafi menilai remcana amandemen UUD NRI 1945 yang sedang proses penjaringan aspirasi masyarakat yang dimulai saat ini bisa liar, jika tanpa didahului dengan kesepakatan. Kesepakatan tentang materi apa saja yang mesti diamandemen.

“Syarat amandemen UUD memang tidak mudah, tapi jika tanpa kesepakatan bisa liar. Karenanya, saya berharap semua mengedepankan kebersamaan dan kekompokan seperti pembentukan kabinet Jokowi – Amin,” tegas Ketua Fraksi PPP MPR RI itu.

Hal itu disampaikan dalam dialog empat pilar MPR RI “Mungkinkah Amandemen (Terbatas) Konstitusi Terwujud?” bersama Ketua Fraksi Golkar MPR RI, Idris Leina, dan anggota Fraksi PKS MPR RI, Andi Akmal Pasludin di Kompleks MPR RI, Senayan Jakarta, Senin (18/11/2019).

Lebih lanjut kata Arwani, dalam pembentukan kabinet tersebut ternyata Ketua Umum dan Waketum Gerindra Prabowo dan Edhy Prabowo menjadi menterinya Jokowi.

“Itu artinya, pembentukan kabinet itu berlangsung lancar dan kompak. Tinggal PKS dan PAN,” ujarnya.

Hanya saja untuk amandemen ini menurut Arwani, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang sebelumnya Ketua MPR dipastikan akan mendukung proses amandemen, dan tidak ada masalah. Sehingga tinggal PKS.

Menurut Arwani, jika tak bisa sepakat untuk terbatas, maka akan sulit. Apalagi waktunya hanya dua tahun, karena tahun 2022 akan ada pilkada serentak, dan 2023 sudah memasuki tahapan pemilu dan pilpres 2024.

“Apapaun yang terjadi pembahasan GBHN itu harus melibatkan seluruh elemen masyarakat, agar mendapat dukungan dan bukan malah menimbulkan kegaduhan politik baru,” tuturnya.

Hanya saja kecuali Golkar menghendaki GBHN diatur melalui TAP MPR. Sebab, kata Andi Akmal, jika lewat TAP MPR pasti akan melibatkan DPD. Tapi, jika melalui UU hanya akan melibatkan DPR.

“DPD hanya memberikan pertimbangan,” katanya.

Namun, Idris Leina meski Golkar sendirian agar GBHN ditetapkan melalui UU tersebut, menilai tak masalah jika Golkar sendirian. “Dalam politik itu semua bisa carir,” ungkapnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close