Politik

MPR Minta Pemerintah Beri Pendampingan 238 WNI dari Wuhan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) pemerintah menyiapkan kepulangan 238 WNI dari Wuhan, China yang akan dikembalikan ke daerah masing-masing harus memastikan adanya pendampingan.

“Kami harap seluruh masyarakat menerima kembali WNI dari Wuhan, Cina, tersebut, mengingat mereka semua dipastikan dalam keadaan sehat dan bebas dari virus corona,” kata Bamsoet pada wartawan, Jumat (14/2/2020).

Hal itu disampaikan terkait rencana pemulangan 238 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, Cina, pada Sabtu (15/2/2010) besok, karena telah menjalani masa observasi selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau.

Namun demikian kata Waketum Golkar itu, masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap penyebaran wabah virus tersebut dengan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, walaupun hingga saat ini tidak ada indikasi virus tersebut tersebar di Indonesia.

Sementara itu mengenai adanya rencana pemerintah yang masih mempertimbangkan pemulangan anak-anak eks WNI ISIS yang usianya di bawah 10 tahun, Bamsoet mengingatkan pemerintah harus benar-benar mempertimbangkan dan mengkaji secara matang.

“Kalau pemerintah jadi memulangkan anak-anak eks WNI ISIS maka diperlukan strategi serta persiapan secara matang, mulai dari pihak-pihak yang akan bertanggung jawab dalam pemulangan maupun kebutuhan yang diperlukan untuk deradikalisasi bagi anak-anak eks WNI itu,” ungkapnya.

Selain itu perlu melakukan upaya-upaya sesuai prosedur peraturan yang berlaku untuk mencegah masuknya paham radikalisme dan terorisme di Indonesia;

“Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) agar melakukan pengawasan dan rehabilitasi terhadap anak-anak eks WNI ISIS agar diberikan sosialisasi terhadap bahaya radikalisme dan terorisme, serta menanamkan kembali nilai-nilai Pancasila dan sikap cinta tanah air,” pungaksnya. (MU)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close