MPR Minta Kemenkes Susun Jadwal Pembagian 270 Juta Vaksin Covid

MPR Minta Kemenkes Susun Jadwal Pembagian 270 Juta Vaksin Covid

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pemerintah agar memastikan perusahaan farmasi yang sudah mendapat kepercayaan untuk memproduksi vaksin covid-19 yaitu Cansino, Sinovac, Sinopharm, dan AstraZeneca, yang akan memproduksi 270 juta vaksin covid-19 untuk kebutuhan masyarakat.

“MPR mendorong sebelum vaksin tersebut tersedia, agar Kementerian Kesehatan/Kemenkes bersama tenaga kesehatan, tetap melakukan peningkatan upaya 3T, yaitu test, tracing, dan treatment kepada masyarakat,” kata Bamsoet, Rabu (13/10).

Selain itu kata Bamsoet, Kemenkes dan Kementerian Sosial/Kemensos yang ditugaskan untuk menyusun road map pemberian vaksin covid-19, sebagaimana Instruksi Presiden (Inpres) Republik Indonesia Joko Widodo agar road map tersebut dapat selesai pekan ini, dan memastikan agar seluruh masyarakat Indonesia akan mendapatkan vaksin covid-19. Khususnya prioritas kepada masyarakat yang kurang mampu dan masyarakat rentan.

“Kemenkes agar menyosialisasikan program pemberian vaksin covid-19 pada masyarakat yang akan dilakukan secara bertahap hingga tahun 2022 itu diberikan secara gratis ataupun harga yang telah ditetapkan pemerintah, sehingga masyarakat mengetahui jadwal masing-masing untuk mendapatkan vaksin, dan mencegah pemberian vaksin covid-19 disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” pungkasnya.